BPJS Kesehatan Pastikan JKN-KIS Tepat Sasaran – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

BPJS Kesehatan Pastikan JKN-KIS Tepat Sasaran

Karyawan BPJS Kesehatan saat melakukan Spot Check guna memastikan JKN-KIS sudah tepat sasaran.

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Watampone melakukan spot check distribusi Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada Peserta PBI APBN. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa kartu JKN-KIS telah diterima oleh peserta yang berhak. Spot check distribusi KIS Kantor Cabang Watampone dilakukan dengan mengunjungi rumah-rumah masyarakat yang terdaftar sebagai Peserta PBI APBN.

Peserta PBI APBN tersebut merupakan masyarakat yang didaftarkan oleh Pemerintah Pusat melalui pengalokasian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
“Kami melakukan spot check KIS terhadap kartu yang didistribusikan pada tahun 2015, 2016, dan 2017. Distribusi tersebut dilaksanakan oleh Pihak Ketiga yang berkerjasama dengan BPJS Kesehatan di tingkat pusat maupun daerah. Sehingga untuk memastikan bahwa kartu tersebut telah sampai ditangan peserta yang berhak, maka kami melakukan kunjungan langsung untuk mengecek apakah distribusi kartu tersebut telah tepat sasaran,” ungkap Hartono Purba Kepala BPJS Kesehatan Cabang Watampone.

Selain untuk memastikan bahwa KIS telah diterima oleh Peserta, kegiatan Spot check KIS tersebut juga memastikan bahwa kartu yang diterima adalah betul-betul miliknya, hal ini dipastikan dengan melakukan penyesuaian kartu yang diterima dengan kartu keluarga peserta. Juga dilakukan pencocokan jumlah anggota keluarga yang telah terdaftar pada master file BPJS Kesehatan dengan jumlah kartu yang diterima oleh keluarga tersebut.

“Ada beberapa hal yang kami pastikan pada Spot Check KIS ini, yang pertama kartu telah diterima, kemudian kartu yang diterima betul-betul miliknya, serta jumlah anggota keluarga yang terdaftar pada master file BPJS Kesehatan sesuai dengan jumlah kartu yang diterima keluarga tersebut,” ujar Kiki Lestari Pps. Kabid Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Watampone.

Kegiatan tersebut tidak hanya menyasar masyarakat penerima kartu JKN-KIS di wilayah ibu kota Kabupaten Bone, Soppeng, Wajo dan Sinjai. Akan tetapi, kegiatan spot check ini dilakukan sampai pada masyarakat yang tinggal pada wilayah terpencil dengan akses yang sulit. Hal ini untuk memastikan bahwa kartu JKN-KIS telah menjangkau sampai kepada masyarakat wilayah pedalaman.
*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top