BPN Berkobar, Empat Desa Tuntas Bersertifikat Tanah – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

BPN Berkobar, Empat Desa Tuntas Bersertifikat Tanah

Kakanwil BPN Sulsel, Dr H Dadang Suhendi SH MH memasang patok batas tanah di Desa Corawali Kec Barebbo disaksikan Bupati dan Kepala BPN Bone

RADARBONE.CO.ID_BAREBBO– Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bone menyerahkan sertifikat Badan Milik Daerah (BMD) dan juga sertifikat PTSL kepada UKM, Nelayan dan masyarakat dipusatkan di Desa Corawali Kecamatan Barebbo, Senin, 14 Januari pagi ini.

Kegiatan yang dikemas dalam tema BPN Bone Berkobar (Bekerja Kompak Bersama), Sukseskan PTSL dan Tertib Administrasi Pertanahan dan Aset Pemda Kabupaten Bone Melalui
Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas) Menuju Bone Satu Peta, dihadiri langsung Kakanwil BPN Sulsel Dr H Dadang Suhendi SH MH, Bupati Bone Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi MSi dan Kepala BPN Kabupaten Bone, Bustam SH MH beserta Forkopimda dan Forkopimcam.

Kakanwil BPN Sulsel, H Dadang dalam sambutannya menegaskan Bone terbesar dalam PTSL se Sulsel.

“Bone terbesar baik dalam program maupun penyelesaian. Untuk 2018 saja mencapai 10.000 sertifikat dan 2019 ini 14.500 sertifikat,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menegaskan agar petugasnya atau siapapun tidak mencoba-coba merekayasa hak kepemilikan tanah yang diukur dan disertifikatkan.

Sementara Bupati Bone Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi MSi mengungkapkan pihaknya telah menetapkan Perbub mengenai biaya patok pengukuran tanah. “Dengan Perbup ini, maka tidak ada lagi sebutan pungli kepada kades karena biayanya sudah ditetapkan,” tegasnya.

Kepala BPN Bone, Bustam SH MH dalam sambutannya membeberkan 14.500 sertifikat tahun ini tersebar pada empat kecamatan dengan 14 desa dan kelurahan.

“Dari 14 desa dan kelurahan, terdapat empat desa yang akan kami rampungkan administrasi pertanahannya yakni Desa Awang Tangka, Corawali, Kadai dan Pude,” bebernya.

Bustam juga menambahkan jika Gemapatas tidak hanya pada aset masyarakat tapi juga aset BUMN, BUMD, dan Pemda.

“Kami targetkan Oktober nanti bisa kami rampungkan dan sertifikat yang dipegang masyarakat bisa digunakan untuk peningkatan kesejahteraan,” imbuhnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top