Cantumkan Program di APK, IYL-Cakka Sukses Beri Pendidikan Politik ke Masyarakat – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Cantumkan Program di APK, IYL-Cakka Sukses Beri Pendidikan Politik ke Masyarakat

RADARBONE.CO.ID_MAKASSAR – Empat pasangan calon akan bertarung di Pilgub Sulsel. Namun dari alat peraga kampanye (APK) yang diproduksi resmi penyelenggara, hanya pasangan nomor urut 4, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) yang berani mencantumkan program unggulan.

Sementara tiga kandidat lainnya, yakni Nurdin Halid-Aziz Qahar Mudzakkar (NH-Aziz), Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL) dan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (NA-ASS) hanya memasang nomor urur, foto, partai pengusung dan tagline masing-masing.

Menanggapi hal itu, Pengamat politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Adi Suryadi Culla menilai, semestinya kandidat lain juga harus memasang program yang dicanangkan oleh masing-masing pasangan calon.

“Ini justru pendidikan politik yang baik. Biar masyarakat bisa membaca apa yang diinginkan masyarakat berdasarkan program setiap calon,” kata Adi, saat dimintai pandangannya, Rabu 7 Maret 2018.

Dia mengatakan, kandidat semestinya tidak hanya memasang foto yang bisa diunggulkan. Akan tetapi, harus berani mempublikasikan keunggulan calon berdasarkan programnya.

Lebih jauh dia mengatakan, pertarungan gagasan sesungguhnya adalah jika berani mempublikasikan program masing-masing. Tidak hanya melalui wacana pencitraan berkaitan dengan gagasan.

“Kita berharap semua calon memiliki pola kampanye yang tidak hanya pencitraan semata,” ucapnya.

Selain itu, dia juga mengatakan agar masyarakat tidak terkesan membeli kucing dalam karung, maka para pasangan calon harus berkomitmen memunculkan program yang dicanangkan.

“Sebaiknya dicantumkan agar masyarakat tidak membeli kucing dalam karung dan memilih secara cerdas dan rasional,” tandasnya.

Terpisah, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulsel Imran Eka Saputra, menilai program inovasi yang dicanankan IYL-Cakka berdampak positif bagi publik dan masyarakat.

Imran Eka, berpendapat apa yang di lakukan IYL-Cakka sangat positif untuk diketahui publik secara luas. “Saya pikir kampanye ini kan bagian dari pemaparan dan perkenalan program,” ujarnya.

Ia mengatakan, momentum kampanye serta pemasangan APK Kandidat bisa dimanfaatkan paslon untuk menhinformasikan program serta visi misi kepada masyarakat umum.

“Kiranya masyarakat tahu apa saja visi dan program para kandidat dn masyarakat lah yg menilai yang mna program yang betul-betul bsrsentuhan dengan masyarakat dan tepat dengan keinginan masyarakat,” katanya.

Dia menambahkan, sebagai organisasi kepemudaan berharap kandidat harus mampu melakukan upaya baru demi membangun regenarasi kepemudaan ke depan.

“Harapan saya para kandidat harus mampu memaparkan arah kebijakannya tentang pembangunan kepemudaan dan generasi muda kedepan,” harap dia. (**)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top