Coklit Serentak, KPU Bone Target 12.455 Calon Wajib Pilih – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Coklit Serentak, KPU Bone Target 12.455 Calon Wajib Pilih

Bimtek pemutakhiran data pemilih dan pencoklitan serta PPDP tingkat Kecamatan Awangpone

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Pada pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) serentak Sabtu 20 Januari mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone, menargetkan 12.455 wajib pilih yang dicoklit.

Komisioner KPU Bone, Yusnan Suyuti mengatakan, sebanyak 2.271 petugas coklit yang terjun langsung melakukan pencocokan dan penelitian serentak pada Sabtu 20 Januari mendatang.

“Komisioner KPU, staf, PPK, PPS dan PPDP serentak melakukan pencoklitan pada hari itu (Sabtu 20 Januari),” ungkapnya kepada radarbone.co.id, Kamis 18 Januari 2018.

Yusnan menegaskan, setiap petugas melakukan coklit masing-masing lima kepala keluarga. “Setelah itu, tugas PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) yang selanjutnya melakukan coklit di desa masing-masing sampai 18 Februari mendatang,” tukasnya.

Yusnan menambahkan, KTP merupakan dokumen kependudukan yang sangat penting, karena menjadi acuan pihaknya dalam mendata wajib pilih.

“Meski warga itu masuk wajib pilih namun belum memiliki KTP elektronik, tentu tidak bisa terakomodir masuk di DPT (Daftar Pemilih Tetap),” jelas Yusnan.

KPU tegas Yusnan, akan menjadikan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) sebagai salah satu acuan mendata warga yang belum memiliki KTP elektronik.

“DP4 menjadi instrumen utama dalam pelaksanaan coklit (Pencocokan dan Penelitian) data pemilih. Melalui coklit akan tergambar, berapa total warga di Bone yang masuk kategori wajib pilih namun belum memiliki KTP elektronik,” pungkasnya. Diketahui, total DP4 di Kabupaten Bone, mencapai 636.310.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top