Demi Pemerataan Pembangunan, NH Jamin Percepat Pemekaran Bone Selatan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Demi Pemerataan Pembangunan, NH Jamin Percepat Pemekaran Bone Selatan

RADARBONE.CO.ID–Calon Gubernur Sulsel nomor urut satu, Nurdin Halid memang dikenal sebagai tokoh pro otonomi daerah. Saat dirinya menjabat sebagai anggota DPR RI, Ketua Koorbid Pratama DPP Partai Golkar ini menjadi salah satu inisiator pemeran Provinsi Sulawesi Barat.

Melihat kemajuan daerah otonomi baru, ia pun hendak menerapkan pemekaran wilayah saat terpilih menjadi Gubernur Sulsel kelak. NH merasa, sejumlah kabupaten perlu dimekarkan agar tercipta akselerasi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu turut disampaikan NH saat menggelar silaturahmi di Kelurahan Palattae, Kecamatan Kahu, Bone, Minggu (27/5). Di hadapan tokoh masyarakat Kahu, pasangan Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar dalam Pilgub Sulsel ini berkomitmen untuk percepatan pemekaran Bone Selatan menjadi kabupaten.

“Ini aspirasi masyarakat Bone Selatan sejak lama. Bukan mau berpisah dan memutuskan pertalian darah antar sesama orang Bone, tetapi hanya berpisah secara administratif agar akselerasi pembangunan bisa melahirkan kesejahteraan dan kemaslahatan bersama,” jelasnya.

Ketua Dewan Koperasi Indonesia ini menjamin, pembangunan akan terasa lebih maksimal apabila Bone Selatan menjadi lebih maju. Sebab, selama ini daerah tersebut cukup mengalami perlambatan pembangunan karena keterbatasan anggaran.

“Pak Bupati Bone tentu mau sekali membangun Bone Selatan ini, tapi karena keterbatasan anggaran dan wewenang, maka harus tersendat begini. Kalau Bone Selatan sudah terbentuk, maka anggarannya secara otomatis akan terbagi dua, itu pasti,” urainya.

Saat ini, usulan pemekaran wilayah Bone Selatan telah berada di DPR RI. Daerah ini diupayakan mekar sejak 2016 lalu, tetapi masih belum memiliki kejelasan hingga kini. Adapun Bone Selatan rencananya mencakup Kecamatan Kahu, Bontocani, Patimpeng, Kajuara, Salomekko, Libureng dan Ponre. Telah disepakati pula, Kelurahan Palattae di Kecamatan Kahu dijadikan sebagai ibukota kabupaten kelak. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top