Dukung NH, Tinting Sarung Allo: Toraja Utara Pasti Pilih yang Berdarah Toraja – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Dukung NH, Tinting Sarung Allo: Toraja Utara Pasti Pilih yang Berdarah Toraja

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Dukungan masyarakat Toraja kepada calon Gubernur Sulsel nomor urut satu, Nurdin Halid terus mengalir tak terbendung. Kali ini, giliran tokoh adat Kete Kesu’, Tinting Sarung Allo menegaskan dukungannya untuk memilih pasangan Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar dalam Pilgub Sulsel ini.

Alasan tokoh masyarakat yang menerima Anugerah Kebudayaan 2004 dari Pemerintah RI ini, NH disebut memiliki hubungan darah dan kekerabatan dengan masyarakat Toraja. Sehingga, kata dia, kebijakan apabila NH terpilih menjadi gubernur tentu tak terlepas dari keberpihakannya dengan masyarakat Toraja.

“Toraja Utara pasti pilih yang berdarah Toraja. Pak NH ini bukan lagi orang lain bagi kita, beliau juga bagian dari Toraja yang patut kita dukung,” ujar mantan Anggota DPRD Toraja ini, Minggu (8/4).

Lebih lanjut, Tinting membeberkan hubungan erat yang dimiliki antara NH dan orang Toraja. Silsilah masa lalu dan perkawinan dalam keluarga NH telah memperkuat keterikatan dengan Toraja.

Sebagai putra kelahiran Bone, NH telah memiliki pertautan darah dengan orang Toraja. Rasa persaudaraan ini telah ada sejak bertahun-tahun silam.

“Toraja, Bone, dan Makassar itu satu nenek dan satu kakek. Jadi otomatis beliau akan memberikan yang terbaik untuk Sulawesi Selatan, terkhusus untuk Toraja,” ujarnya.

Kemudian, perkawinan antara putri NH, Andi Hilda dan putra Felicitas Tallulembang, Andi Rudiyanto Asapa yang merupakan darah Toraja juga semakin mengentalkan ke-Toraja-an Ketua Koorbid Pratama DPP Partai Golkar ini. Bahkan, cucu pertama NH dari pasangan ini diberi nama Andi Qolby Lakipadada, terinspirasi dari nama pahlawan Toraja.

Dalam budaya Toraja, pertautan antara dua keluarga ini diistilahkan sebagai basse situka’ atau bertukar janji. Maknanya, komitmen untuk bertukar orang tua bagi yang sudah menikah. Sehingga, NH merupakan ayah dari putra Toraja.

“Pak NH sudah menjadi besan orang Toraja. Anaknya Pak Nurdin dan anaknya Ibu Sita itu sudah berkeluarga. Jadi, otomatis hubungan antara Pak Nurdin dan orang Toraja sudah sebegitu dekat,” tandasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top