Gempa di Tellulimpoe Sinjai. Warga Panik, Ada Yang Lari Ke Gunung – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Gempa di Tellulimpoe Sinjai. Warga Panik, Ada Yang Lari Ke Gunung

RADARBONE.CO.ID–Gempa tektonik berkekuatan 3,1 skala richter, mengguncang Kabupaten Sinjai, tepatnya di Kecamatan Tellulimpoe, Senin malam 1 Oktober sekira pukul 21.20 Wita.

Meski tidak berpotensi Tsunami, namun guncangan gempa tersebut cukup membuat panik warga.

Gempa berkekuatan sedang ini dirasakan hampir disebagian desa di Tellulimpoe, seperti di Desa Bua, Pattongko dan Sanjai.

Bahkan beberapa warga, nekat menyelamatkan diri, dengan naik ke gunung. Mereka khawatir, guncangan gempa akan memicu tsunami di daerah itu.

Kepala bidang bencana BPBD Sinjai, Ahmad membenarkan adanya gempa berkekuatan 3,1 skala richter.

“Warga banyak yang mengungsi karena getaran gempa cukup membuat panik warga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BMKG wilayah IV Makassar, Joharman SH MM melalui rilisnya mengatakan, gempa di wilayah pesisir Kabupaten Sinjai , Sulawesi Selatan. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan 3,1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 5.17 LS dan 120,45 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 37 km arah Timur Laut Sinjai pada kedalaman 38 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi dangkal ini terjadi akibat aktivitas sesar walanae,” ujar Joharman melalui rilisnya.

Guncangan gempa bumi dirasakan di wilayah pesisir Kecamatan TelluLimpoe Sinjai Timur sebesar I SIG-BMKG (II MMI).

“Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG. Khususnya masyarakat di pesisir pantai diimbau agar tidak terpancing isu, karena gempa bumi yang terjadi ini, sama sekali tidak berpotensi tsunami,” kuncinya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top