Kasihan, Petani Pakkasalo Begadang Di Sawah Jaga Tanaman Padi – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Kasihan, Petani Pakkasalo Begadang Di Sawah Jaga Tanaman Padi

RADARBONE.CO.ID_SIBULUE– Petani Dusun Kajuara Desa Pakkasalo Kecamatan Sibulue selama dua bulan terakhir harus bekerja dari siang hingga malam hari untuk menyelamatkan tanaman padi miliknya.

Bagaimana tidak, pada siang hari, petani menyiangi tanaman padinya dari gangguan hama, memupuk agar bisa menghijau kembali pasca kekeringan.
Naasnya, pada malam hari, para petani itu harus kembali memantau sawahnya hingga tengah malam agar tidak digasak sapi.

“Kalau ditotalkan sudah ada sekira 50 are tanaman padi kami yang dimakan sapi. Termasuk milik saya,” tutur Jamile, Ketua Kelompok Mase-mase’e, Sabtu 10 Maret kemarin.

Petani yang lain, Ambo Tang juga mengungkapkan hal senada. “Kemarin saya tangkap induk sapi dan anaknya yang berkeliaran dan memakan tanaman padi padi kami selama ini,” kata petani yang terkenal ulet namun agak pendiam ini.

Camat Sibulue, A Wahyuddin Akiel yang dikonfirmasi RADAR BONE pun menegaskan jika pihaknya telah mengimbau semua kepala desa agar semua peternak sapi mengandangkan ternaknya.

“Sudah kami tegaskan agar tidak ada lagi peternak sapi ‘mallampa’,” tegasnya.

Mengenai adanya sapi berkeliaran dipersawahan yang berhasil ditangkap petani, Camat Sibulue mengaku akan segera mengkoordinasikannya dengan Kepala Desa Pattiro Riolo dan Kades Pakkasalo.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top