Kominfo Gagas Pembentukan KIM – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Kominfo Gagas Pembentukan KIM

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE-Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian menggelar sosialisasi perbup pembentukan kelompok Informasi masyarakat (KIM) di Kabupaten Bone dan SOP tentang publikasi dan informasi masyarakat di aula Bappeda Bone, Selasa, 2 Oktober kemarin.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Bone, Drs A Amran MSi mengatakan KIM dibentuk untuk mengatasi kebuntuan informasi yang terjadi selama ini.

“KIM nantinya akan menjadi agen informasi. Menangkap informasi dari luar dan disampaikan ke masyarakat. Intinya kehadiran KIM untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Amran.

Fungsi lain yang tak kalah pentingnya dimainkan KIM adalah menyaring informasi yang ada.

“Salah satu contohnya adalah informasi gempa di Sinjai. Sebenarnya ini bukan hoaks karena memang betul terjadi gempa. Tapi gempa itu tidak berpotensi tsunami. Nah, di sinilah peran dan fungsi KIM untuk menyampaikannya sehingga tidak menimbulkan kepanikan masyarakat,” jelas Amran.

KIM juga nantinya, lanjut Amran menampung pengaduan masyarakat terkait pelayanan pemerintah.

“KIM inilah nantinya yang menyampaikan kepada pemerintah melalui beberapa saluran, seperti lewat PPID pembantu, website dan media. Jadi itulah salurannya,” papar Amran.

Keanggotaan KIM dibentuk melalui rekruitmen yang terbuka di tingkat kelurahan dan desa. Setiap KIM beranggotakan lima orang.

“Makanya pilihlah orang-orang yang memiliki kemampuan, karena KIM dibentuk untuk melaksanakan fungsinya secara independen,” kunci Amran.
*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top