Konsultasi Banggar ke Komisi, Sejumlah Legislator Pertanyakan Dokumen Hasil Rapat – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Konsultasi Banggar ke Komisi, Sejumlah Legislator Pertanyakan Dokumen Hasil Rapat

RADARBONE.CO.ID–Pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Perubahan 2019 memasuki tahap konsultasi banggar ke komisi.

Rapat yang digelar di ruang paripurna DPRD Bone itu, Selasa 30 Juli tak berjalan mulus. Anggota Komisi yang tak masuk dalam keanggotaan banggar mempertanyakan dokumen hasil rapat.

“Seharusnya dokumen hasil rapat banggar dibagikan, karena kita perlu mencermati betul-betul apa isi dokumen itu,” ujar Anggota Komisi III DPRD Bone, Hj Adriani Alimuddi Page saat menyampaikan interupsinya dalam rapat konsultasi itu.

Ia juga mempertanyakan subtansi dari rapat konsultasi tersebut. “Dalam rapat konsultasi ini subtansi apa yang mau kita capai. Apakah rapat konsultasi ini dapat merubah KUA PPAS dan melahirkan sebuah rekomendasi. Kami minta bapak pimpinan, rapat konsultasi ini diskors dulu sambil menunggu dokumen hasil rapat banggar untuk selanjutnya kami pelajari dulu,” ujar srikandi Partai Golkar itu.

Senada ditegaskan Anggota Fraksi Golkar lainnya, Syamsul Bahri. Harusnya kata Syamsul Bahri, dokumen hasil rapat banggar dibagikan   ke anggota komisi.

“Karena apa yang mau kita pelajari. Sementara yang hadir di rapat ini tidak semua masuk dalam keanggotaan badan anggaran,” tukasnya.

Diketahui, Nota keuangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan telah diteken Bupati Bone, HA Fahsar M Padjalangi bersama Ketua DPRD Bone, Drs A Akbar Yahya melalui rapat paripurna DPRD Bone, Minggu malam 28 Juli kemarin.
Ada beberapa item penganggaran yang mengalami perubahan sehingga berpengaruh terhadap komposisi pendapatan daerah.
Secara total, Pendapatan Daerah pada perubahan APBD diasumsikan naik Rp70 miliar dari sebelumnya Rp2.369.014.884.600 (2,3 Triliun) pada APBD pokok, menjadi Rp2.439.105.768.791 (Rp2,4 triliun) pada APBD perubahan.
Meningkatnya target Pendapatan Asli Daerah (PAD) menjadi salah satu item yang mempengaruhi peningkatan asumsi pendapatan daerah.
Bupati Bone, HA Fahsar M Padjalangi saat menghadiri paripurna DPRD Bone menyebutkan, pendapatan asli daerah pada perubahan APBD ditargetkan sebesar Rp205.439.739.391 (Rp205 miliar lebih) dari sebelumnya Rp195.573.255.600 atau bertambah Rp9,8 miliar lebih.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top