Mahardika Ilham Si Milenial Genius, Sejak Kecil Ternyata Sudah Bercita-cita Jadi Dokter – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Mahardika Ilham Si Milenial Genius, Sejak Kecil Ternyata Sudah Bercita-cita Jadi Dokter

Mahardika Budjana Sutan Ilham saat presentasi dihadapan guru besar kedokteran Korea Selatan.

RADARBONE.CO.ID–Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Diponegoro (UNDIP) asal Sulsel, Mahardika Budjana Sutan Ilham, berhasil temukan plyometrics training sebagai metode dalam meningkatkan fungsi kecerdasan. Penelitian tersebut berawal dari keprihatinan terhadap tingginya perilaku sedentary terhadap penurunan fungsi kecerdasan yang jarang diketahui masyarakat.

Temuan Mahardika dalam bidang kedokteran tersebut, berhasil mengangkat nama Indonesia di ajang inovasi bergensi dunia, Seoul International Invention Fair 2019 yang berlangsung di COEX Exhibition Hall, Seoul Korea Selatan. Paper perwakilan Indonesia ini dengan judul ‘The Effect of Plyometric Training on Attention Level’, dinyatakan sebagai tiga paper terbaik dan berhak mendapatkan medali perunggu.

Mahardika yang di kampung halamannya (Desa Tocina Kecamatan Dua Boccoe) akrab disapa Andi. Sejak kecil, Ia memang bercita-cita menjadi dokter. Andi kecil kala itu prihatin melihat banyak warga kampungnya yang sakit, namun tak mendapat perawatan maksimal.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di SMAN 5 Makassar, Ia pun kemudian mengutarakan niatnya untuk kuliah di Fakultas Kedokteran UNDIP.

Kuliah di fakultas kedokteran di universitas ternama di Indonesia, tentu tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan.

Kepada penulis, ayah Mahardika, Muhammad Ilham, mengaku, Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayar persemesternya mencapai Rp27 juta.

Ilham pun bermohon ke pihak kampus, agar memberi keringanan. “Akhirnya pihak kampus memberi keringanan untuk biaya UKT sebesar Rp10 juta persemester,” ujarnya.

Ilham pun sampai-sampai harus menjual mobil pribadinya, demi membiayai kuliah anaknya di UNDIP. “Insya Allah, itu menjadi berkah bagi anak saya,” tukasnya.

Selain itu, Andi juga dikenal sosok yang tak mudah berpangku tangan. Bakatnya di dunia musik Ia manfaatkan untuk tambahan biaya kuliah dan kebutuhan hidup selama di Semarang.

“Biasa juga ini anak jadi host di beberapa acara. Termasuk ada undangan menyanyi. Karena kebetulan, Mahardika punya grup band di kampusnya. Penghasilan dari manggung, itu yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” tukasnya.

Ilham yang juga kepala Desa Tocina Kecamatan Dua Boccoe itu mengaku, anaknya sejak kecil memang dikenal cerdas. Bahkan Mahardika fasih berbahasa inggris tanpa melalui kursus.

“Jadi Mahardika ini belajarnya otodidak. Tidak pernah kursus tapi fasih berbahasa inggris. Di sekolah (SMAN 5 Makassar), nilai rata-rata raportnya juga tinggi, mencapai 95,” jelasnya sembari menyebut Matematika merupakan mata pelajaran menjadi favorit Mahardika.

Mahardika juga termasuk mahasiswa yang tercepat menyelesaikan studinya di UNDIP. Ilham mengaku, anaknya diwisuda pada Januari 2020 mendatang. “Anak saya menyelesaikan studi di UNDIP hanya 3,5 tahun. Termasuk yang tercepat diantara mahasiswa lainnya,” kuncinya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top