Mega Buana Wakili Bone Lomba P3A Tingkat Sulsel – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Mega Buana Wakili Bone Lomba P3A Tingkat Sulsel

PENULIS : USMAN SOMMENG

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Dinas Pengelola Sumber Daya Air Kabupaten Bone mengutus Kelompok Petani Pengguna Air (P3A) Mega Buana Kelurahan Ta, Kecamatan Tanete Riattang mengikuti lomba P3A tingkat Provinsi Sulsel.

Kelompok P3A Mega Buana melalui ketuanya A Hasanuddin telah menyampaikan presentasi di Makassar. Hasilnya Kelompok P3A Mega Buana berhasil masuk tiga besar.

“Alhamdulillah, dia (Mega Buana) berada di peringkat kedua. Ini masih bisa berubah, tergantung dari hasil pengecekan lapangan. Tim penilai akan turun melakukan visitasi lapangan besok (Rabu) di Bone,” tutur H Askar SST MSi, Kadis PSDA Kabupaten Bone.

Dalam visitasi lapangan ini, sambung Askar akan dicocokkan data atau presentasi Mega Buana di Makassar. “Apakah presentasi yang disampaikan itu betul atau tidak, makanya tim akan mengecek langsung di lapangan,” jelasnya.

Namun demikian, Askar optimis penilaian ini akan dilalui dengan baik, mengingat kelompok P3A yang diikutkan mewakili Bone tersebut sudah teruji kegiatan nya. Mulai dari penanganganan persoalan di tingkat tersier, kemitraan, pemberdayaan hingga aktivitas P3A yang lainnya.

“Kami di pemerintah hanya menangani tingkat primer dan sekundernya. Di tingkat tersier diberdayakan kelompok untuk menangani permasalahan yang ada,” ungkap Askar.

P3A adalah wadah berhimpun petani pemakai air untuk merumuskan kebutuhan air dengan petugas PSDA.

Kelompok P3A menjadi perpanjangan tangan petani terkait kebutuhan air kepada pemerintah melalui Dinas P3A.

“Jika ada masalah di bawah pengurus kelompok inilah yang kami hubungi pertama kali,” kunci Askar. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top