NH Gagas Kota Sungguminasa, Akademisi Pemerintahan Unhas: Ide Visioner demi Kesejahteraan  – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

NH Gagas Kota Sungguminasa, Akademisi Pemerintahan Unhas: Ide Visioner demi Kesejahteraan 

RADARBONE.CO.ID_GOWA–Calon Gubernur Sulsel, Nurdin Halid mewacanakan untuk meningkatkan status Sungguminasa, Kabupaten Gowa sebagai kotamadya. Sementara itu, kawasan dataran tinggi di Gowa akan dijadikan sebagai pusat kabupaten nantinya.

Menanggapi konsep tersebut, pengamat pemerintahan Unhas, Andi Lukman Irwan menyebutnya sebagai gagasan visioner. Gagasan peningkatan status menjadi Kota Sungguminasa dapat berdampak pada penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pelayanan umum untuk menjamin terwujudnya kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh untuk semua wilayah di Kabupaten Gowa saat ini.

“Gagasan ini juga saya kira telah memperhitungkan secara cermat perkembangan kemampuan ekonomi yang dialami oleh Kabupaten Gowa serta potensi daerah, potensi sosial budaya, politik, jumlah penduduk, dan luas daerah, maka dipandang sangat memungkinkan untuk membentuk Kota Sungguminasa,” ujarnya saat dihubungi Minggu (11/3).

Kata dosen Ilmu Pemerintahan ini, luas wilayah Kabupaten Gowa yang berbatasan dengan 7 kabupaten/kota lain dengan jumlah 18 kecamatan berpotensi untuk merealisasikan gagasan tersebut. Sehingga, sangat memungkinkan adanya pembagian administratif bahwa Kabupaten Gowa menjadi kabupaten yang berdiri sendiri meliputi 9 kecamatan, yakni Kecamatan Parangloe, Manuju, Tinggimoncong, Tombolo Pao, Parigi, Bungaya, Bontolempangan, Tompobulu dan Biringbulu.

“Selebihnya 9 Kecamatan, yakni Kecamatan Somba Opu, Bontomarannu, Pattallassang, Pallangga, Barombong, Bajeng, Bajeng Barat, Bontonompo dan Bontonompo Selatan dapat bergabung menjadi wilayah Kota Sungguminasa. Daerah itu yang merupakan wilayah kecamatan yang berada di dataran rendah,” beber pria kelahiran Mangarabombang ini.

Sehingga, Lukman pun menilai peningkatan status secara administratif tersebut mampu semakin meningkatkan pelayanan di bidang pemerintahan. Pemisahan Kota Sungguminasa akan berdampak positif dalam mengatasi laju pembangunan agar tidak timpang dengan daerah lain, khususnya di dataran tinggi Gowa.

“Gagasan ini bisa mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh, serta memberikan kemampuan bagi pemerintah daerah kabupaten gowa dalam pemanfaatan potensi daerah secara lebih optimal,” tandasnya.

Sebelumnya, NH telah berkomitmen untuk meningkatkan status Kota Sungguminasa. Gagasan itu diungkapkan setelah mengamati kondisi saat ini dan merespons aspirasi warga.

“Selain karena Sungguminasa ini dekat dengan pusat niaga Kota Makassar, Sungguminasa ini sangat potensial menjadi kota penyangga perekonomian di area Mamminasata (Makassar, Maros, Sungguminasa, Takalar). Jangan ragu dan percayakan kepada kami memimpin Sulawesi Selatan jika kita ingin status Kota Sungguminasa ini terwujud,” tegasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top