Ongkos Haji Naik, Pelayanan Meningkat – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Ongkos Haji Naik, Pelayanan Meningkat

Kemenag Prediksi ONH Tembus Rp40 Juta

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Bagi yang ingin mendaftar haji harus menyiapkan dana lebih besar. Pemerintah telah menaikkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji tahun ini. Khusus di Bone, Kementerian Agama memprediksi menembus angka Rp40 juta. BPIH secara nasional untuk musim haji 2018, pemerintah telah menetapkan sebesar Rp35.235.000.  Bertambah sebesar Rp345.000 dari BPIH 2017 Rp34.890.000. Kenaikan BPIH nasional tersebut dipastikan berimbas pada ongkos naik haji (ONH) di daerah ini.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Bone H Anwar yang dikonfirmasi RADAR BONE, menyatakan pihaknya belum mendapatkan kepastian angka ONH untuk musim haji 2018.

Namun ia memprediksi ONH tahun ini akan mencapai Rp40 juta, dari sebelumnya sebesar Rp38.972.250. “Saya tidak bisa memastikan angka pastinya karena belum ada surat yang kami terima.
Namun yang pasti, mengalami tambahan biaya,” jelas Anwar saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa, 13 Maret kemarin.

Anwar mengakui dirinya sementara mengikuti rapat di Makassar terkait persoalan kenaikan ongkos haji tersebut. Kendati terjadi kenaikan ONH, sambung Anwar, dirinya memastikan tidak akan merugikan calon jemaah haji. Pasalnya, pelayanan yang akan diterima juga meningkat.

“Dari segi biaya sebenarnya mengalami penurunan, karena pelayanan bagi calon jemaah haji nantinya bakal ditingkatkan. Jika tahun sebelumnya, para jemaah mendapat pelayanan 25 kali makan, maka tahun ini bertambah menjadi 40 kali makan,” bebernya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone Drs H Muh Amin menambahkan kenaikan ONH tahun ini tidak terlalu besar. Salah satu penyebab kenaikan ongkos haji, kata Amin adanya pajak 5% yang diberlakukan pemerintah Arab Saudi. Namun demikian, lanjut Amin, kenaikan ONH ini dibarengi peningkatan pelayanan kepada calon jemaah haji.

“Jadi kenaikan ongkos haji ini telah diputuskan pemerintah pusat, dan akan ditindaklanjuti dengan surat keputusan nantinya. Namun kenaikan itu beriringan dengan peningkatan pelayanan kepada para jemaah nantinya,” singkat Amin

Sekadar diketahui jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan tahun ini sebanyak 753 orang. Para calon jemaah haji ini adalah mereka yang terdaftar di daftar tunggu mulai 24 Maret sampai 16 Juli 2009.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top