Radar Bone

Berita Terkini

Parah Baru Dikerja, Poros Bakunge-Palacari Sudah Ambruk

RADARBONE.CO.ID–Poros Bakunge Palacari yang menghubungkan Desa Mappesangka dengan Ibu Kota Kecamatan Ponre ambruk.

Padahal, jalur yang dirintis Wakil Gubernur Sulsel, A Sudirman Sulaiman ini, baru selesai diaspal.

Proyek peningkatan jalan yang menelan anggaran Rp24 miliar ini, ditangani kontraktor asal Soppeng, PT Lompulle milik H Haeruddin.

Bupati Bone, HA Fahsar M Padjalangi bersama rombongan, bahkan sempat tertahan saat hendak ke Mare usai menghadiri sosialisasi peraturan perundang-undangan di Kecamatan Bengo, Kamis 26 Desember 2019.

Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bone, Jibang mengaku, proyek tersebut dianggarkan melalui dana bantuan provinsi.

“Namun proses tendernya tetap melalui Dinas PU Bone,” ujar Jibang kepada radarbone.co.id.

Ia mengaku, jalur tersebut amblas setelah diguyur hujan deras sejak Rabu 25 Desember kemarin.

“Longsornya sebenarnya dari tadi malam. Kita sudah minta kontraktornya bertanggungjawab. Membersihkan semua material longsor dan membenahi titik yang amblas,” tegas Jibang.

Sementara itu, H Haeruddin pemilik PT Lompulle mengakui proyek peningkatan ruas jalan Bakunge-Palacari ditangani perusahaan miliknya.

Haeruddin juga mengaku, ada sekitar 100 meter jalan yang baru diaspal, retak akibat diterjang longsor. Meski begitu, Haeruddin berkilah kontur tanah di lokasi tersebut sangat labil.

“Kerusakannya akibat diterjang longsor. Kita akan segera benahi. Termasuk memasang bronjong disisi kanan jalan yang amblas,” tukasnya.

Terlepas dari itu, pihak kontraktor harusnya dari awal sudah memetakan kontur tanah yang labil di lokasi itu, untuk mengantisipasi jalan amblas.

Apalagi, proyek peningkatan ruas jalan Bakunge-Palacari menguras anggaran yang tidak sedikit. Total Rp24,1 miliar dana yang harus dikucurkan provinsi untuk membuka akses jalan dari Bakunge ke Palacari.

*

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top