Peduli Pesantren, Alumni DDI Mangkoso Gagas IKA 97-00 – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Peduli Pesantren, Alumni DDI Mangkoso Gagas IKA 97-00

RADARBONE.CO.ID_MAKASSAR– Alumni Pondok Pesantren Darud Dakwah wal Irsyad (DDI) Mangkoso tamatan 1997 – 2000 menggagas pembentukan wadah alumni di WM Wong Solo, Makassar, Rabu 21 Maret, malam.

Ikatan alumni ini bertujuan untuk memberikan kontribusi aktif bagi pengembangan almamater DDI Mangkoso.

Dalam pertemuan yang dihadiri puluhan alumni santri dan santriwati itu, sepakat menunjuk HM Arafah Idrus sebagai ketua alumni. Selanjutnya Syamsidar (wakil ketua), Muhammad Adlan (sekretaris), Salfiani (wakil sekretaris), Andi Taufik Eka Putra (bendahara), Ari Kurniati (wakil bendahara), Abdul Aziz (koordinator putra) dan Hajeratul Aswad (koordinator putri).

Arafah Idrus menjelaskan, angkatan 1997 – 2000 merupakan angkatan terbesar dalam sejarah berdirinya Ponpes DDI Mangkoso. “Secara kualitas dan kuantitas, boleh dikata kita lah angkatan terbaik. Angkatan kita paling banyak jumlahnya dari seluruh angkatan, hampir 900 orang saat itu. Angkatan kita juga paling banyak dikirim ke Al Azhar (Universitas Al Azhar Kairo, Mesir) dan paling banyak doktornya,” kata Arafah yang kini sukses menjadi pengusaha jasa travel haji dan umrah di Papua itu.

Menurut Arafah, sejak dua tahun terakhir, dia dan sejumlah alumni giat menghimpun angkatan 1997 – 2000 yang sudah tersebar ke mana-mana. Ini tentu menjadi tantangan yang tidak mudah mengingat persebaran alumni sudah sampai ke luar negeri.

“Ada di Swiss, ada di Malaysia, dan negara lain. Di Indonesia apalagi. Kita sudah tersebar dari Sumatera hingga Papua. Termasuk saya sendiri yang sekarang berdomisili di Papua,” ujarnya.

Dari hampir 900 alumni santri DDI Mangkoso angkatan 1997 – 2000 itu, Arafah Cs baru berhasil menemukan 100-an orang. Itu pun masih kebanyakan di wilayah Sulawesi Selatan. Karena itu, langkah awal dari pembentukan wadah alumni ini adalah mencari dan menghimpun alumni seangkatan sebanyak-banyaknya.

“Kalau terkumpul setengahnya saja (sekitar 400an orang), itu sudah luar biasa. Kita bisa menjadi sebuah kekuatan yang besar untuk membantu pengembangan almamater kita,” ujarnya.

Menurut Arafah, Ponpes DDI Mangkoso saat ini menghadapi banyak tantangan. Dia menceritakan bagaimana Kampus II Putra Tonrongnge serta Kampus III Putri Bulu Lampang yang kini terancam oleh oknum yang ingin mengklaim lahan dalam kawasan pesantren. Sejumlah alumni akhirnya turun tangan dan menghimpun dana untuk membantu penerbitan sertifikat lahan kampus II dan III.

Tidak hanya itu, alumni juga mengumpulkan donasi untuk pembangunan sarana penerangan di kampus II. “Sekarang almamater memanggil kita kembali, dan sepantasnya kita menyahuti panggilan itu. Karena apa yang sekarang kita capai, itu tidak lepas dari doa-doa guru kita. Barakka’na Mangkoso,” kuncinya.

Dalam pertemuan itu juga, disepakati iuran wajib sebesar Rp 50.000 per orang per bulan.

Berikut Susunan Pegurus IKA

1. Nama Ikatan Alumni DDI
Mangkoso Angktan 94.

2. Susunan Pengurus

Ketua: H.Arafah Idrus
Kota Sorong Papua Barat
Wakil Ketua:
Syamsidar Jamaluddin
Maros

Sekretaris: Ellang Mulya Adlan (Barru)
Wakil: Salfiani (Gowa )

Bendahara: A.Taufiq (Soppeng)
Wakil: Ari Kurniati (Makassar)

Koordinator Laki2 & Perempuan
Abd.Azis Kadir (Pinrang)
Hajratul Aswad (Barru)

Humas & Publikasi
Akbar Hamdan (Makassar)
Hj.Laelah Qadriyani(Mkassar)
Irman Mannaungi
(Gowa -Malaysia)

Koordinator Kajian Ilmiah
DR.H.Azwar Kamaruddin
(Soppeng)
DR.H.Umar Manshur
(Makassar)

Hukum & Advokasi
Zulfahmi Mudatsir Roci (Hakim)
(Lapasu-Barru)
Ardiansah (Jaksa)
(Bone)

Anggota:
Angkatan ’94 & 2000 Putra & Putri

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top