Pembiayaan UMi Mendampingi Hingga Mandiri – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Pembiayaan UMi Mendampingi Hingga Mandiri

RADARBONE.CO.ID, WATAMPONE–KPPN Watampone menggelar Focus Group Discussion (FGD) Pembiayaan Ultra Mikro (UMi), Rabu, 16 Oktober 2019.

Kegiatan ini diikuti oleh penyalur UMi yaitu PT. Pegadaian dan PT. Permodalan Nasional Mandiri (PT. PNM), dibuka oleh Kepala KPPN Watampone, Rintok Juhirman.

Dalam sambutannya, Rintok Juhirman menyampaikan latar belakang mengapa Pemerintah Pusat meluncurkan Pembiayaan UMi, yaitu antara lain sebagai suplementer Kredit Usaha Rakyat (KUR). Karena tidak semua UMKM bisa mengakses KUR yang disebabkan tidak ada atau kurang cukup agunan.

Dijelaskan, UMi merupakan Program Pemerintah untuk memberikan pembiayaan kepada masyarakat yang tidak dapat dijangkau oleh fasilitas pembiayaan perbankan, dengan maksimal pinjaman Rp10 jt per orang untuk usaha produktif.

Penyalur UMi saat ini antara lain PT. Pegadaian, PT. PNM dan PT. Bahana Artha Ventura. Adapun syarat untuk dapat mengakses UMi yaitu warga Indonesia yang memiliki e-KTP dan tidak sedang dibiayai oleh program KUR.

“Pembiayaan UMi pada prakteknya banyak diakses oleh kelompok ibu-ibu dengan pola tanggung renteng dalam pengembalian pinjaman. Disamping itu, juga dilakukan pendampingan secara berkesinambungan, sesuai moto pembiayaan UMi “Mendampingi Hingga Mandiri”,” ujar Rintok Juhirman Kepala KPPN Watampone.

Melalui FGD ini, penyalur UMi dapat mengetahui kinerja masing-masing berdasarkan hasil pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang telah dilaksanakan oleh KPPN dengan sampel secara acak melalui aplikasi SIKP-UMi.

“Sementara itu, KPPN bisa mendapatkan masukan dan informasi yang berharga bagi keberlangsungan Pembiayaan UMi,” terangnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top