Pemilih Pemula di Bone Dongkrak DPT. Segini Jumlahnya – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Pemilih Pemula di Bone Dongkrak DPT. Segini Jumlahnya

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Jumlah wajib pilih yang akan menyalurkan hak pilihnya di Pemilu 2019 meningkat signifikan. Pemilih milenial (Pemilih pemula) menjadi penyumbang terbesar peningkatan jumlah pemilih.

Di Kabupaten Bone, total pemilih yang akan menyalurkan hak pilihnya, sebanyak 544.926 jiwa. Itu sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah diplenokan KPU. Sementara pada pilkada 27 Juni lalu, total DPT hanya mencapai 532.286 jiwa. Artinya, terdapat peningkatan jumlah pemilih yang mencapai belasan ribu jiwa.
Komisioner KPU Bone, A Mappaningsong mengatakan, peningkatan jumlah pemilih dipengaruhi banyaknya jumlah pemilih pemula. Mappaningsong mengatakan, jumlah pemilih pemula di Bone mencapai 13.783 jiwa.
“Jumlah pemilih pemula di Bone mencapai 13.783 jiwa, terdiri dari laki laki 7.186 dan perempuan 6.597 jiwa,” terangnya.

Namun, selama validasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) ke DPT, KPU Bone juga mencatat ada ribuan lebih pemilih yang dicoret. Sebagian besar ditemukan ganda. Dari total 547.920 DPSHP, setelah divalidasi, jumlah pemilih hanya mencapai 544.926 jiwa. Artinya, ada 2.994 pemilih TMS yang dicoret KPU.

Mappaningsong mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan jumlah pemilih berkurang. Yakni pemilih meninggal dunia, ditemukan ganda, pemilih yang masih dibawah umur, pindah domisili, dan pemilih yang terdata di DPS namun saat pendataan tidak ditemukan.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top