Pesawat Lion Air Yang Jatuh Punya 800 Jam Terbang. Pilot, 6 Ribu Jam Terbang – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Pesawat Lion Air Yang Jatuh Punya 800 Jam Terbang. Pilot, 6 Ribu Jam Terbang

RADARBONE.CO.ID–Pesawat Lion Air  yang jatuh di perairan Karawang Jawa Barat menimbulkan tanda tanya. Mengingat pesawat tersebut termasuk model terbaru Boeing 737 Max-8. Selain itu, pesawat tersebut adalah model yang pertama di Indonesia.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan, pesawat Lion Air JT-610 ini baru terbang dua bulan. Penerbangan perdananya dimulai Bulan Agustus 2018. Sehingga pesawat tersebut telah memiliki 800 jam terbang.

Pengamat penerbangan Alvin Lie menyebut, 800 jam terbang masih wajar dalam Subianto penerbangan. Pasalnya, jika pesawat diterbangkan dalam sebulan atau 30 hari berarti hanya 200 jam, atau  pesawat tersebut hanya terbang hanya 7 jam sehari.

“Idealnya pesawat itu terbang 12 jam sehari bahkan mencapai 15-18 jam sehari. Jadi bagi saya 800 jam dalam usia 4-5 bulan masih wajar,” ujarnya.

Alvin menjelaskan, pesawat yang baru beroperasi pada bulan Agustus sebelumnya telah diuji coba terbang oleh boing. Kemudian diterbangkan ke Jakarta.

“Ini kan semuanya akumulasi jam. Jadi pada waktu mulai diterbangkan oleh Lion jamnya bukan jam 0 lagi tapi sudah ada sekian puluh jam sedikitnya,” tuturnya.

Kemudian, Alvin melanjutnya, perusahaan komersial seperti Lion Air, jika satu pesawat  terbang kurang dari 200 jam sebulan  termasuk rugi karena pesawat lebih banyak nganggur.

Bhavye Suneja, kapten pilot Lion Air JT-610, yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin pagi 29 Oktober 2018, juga memiliki jam terbang lebih dari 6.000 jam terbang.

” Kapten pilot sudah memiliki jam terbang lebih dari 6.000 jam terbang dan copilot Harvino telah mempunyai jam terbang lebih dari 5.000 jam terbang, ujar Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top