Program NH-Aziz Memperkuat Peran BUMDes di Sulsel – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Program NH-Aziz Memperkuat Peran BUMDes di Sulsel

Calon Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Halid mengunjungi salah satu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Rumpegading, Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng, Sabtu, 24 Maret 2018. BUMDes Rumpegading ini menjadi salah satu badan yang terbilang sukses, karena telah mengekspor hasil produksinya hingga ke Malaysia.

“Saya sangat senang melihat ada BUMDes yang sudah bisa menjadi andalan untuk menggerakkan ekonomi rakyat dan inilah cita-cita saya untuk maju menjadi gubernur dengan menjadikan BUMDes dan koperasi tombak perekonomian,” ungkap Nurdin Halid.

BUMDes, kata NH, harus diprioritaskan sebagai program peningkatan perekonomian dan pembangunan desa. Alokasi dana desa pun harus dimanfaatkan, untuk meningkatkan peran BUMDes di desa-desa.

“Bumdes terbukti bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Karena itu, alokasi Dana Desa yang puluhan triliun itu sebagian besar juga diperuntukkan pengembangan BUMDes,” tutur NH menjelaskan.

Perhatian dan bantuan melalui kebijakan dari pemerintah harus dilakukan, khususnya untuk meningkatkan peran BUMDes dan usaha mikro-kecil lainnya.

“Perhatian dan kebijakan berpihak kepada para pengusaha mikro harus ada. Mereka bisa dihidupkan dalam satu wadah dengan pengusaha kecil. Kita bisa menciptakan pemasaran tidak hanya di Soppeng, Sulsel, tapi seluruh Indonesia,” ujar NH.

Oleh karena itu, gagasan NH untuk menjadikan BUMDes sebagai ujung tombak perekonomian Indonesia dalam upaya menciptakan lapangan kerja, mengurangi pengangguran, diharapkan dapat terwujud.

“Soppeng akan saya jadikan model (pengembangan BUMDes) dan Insya Allah kalau ditakdirkan jadi gubernur inilah yang akan saya wujudkan dengan volume usaha yang besar dan kapasitas yang mumpuni di desa dan pelosok Sulsel,” jelas Nurdin Halid.

Sekadar diketahui, BUMDes Rumpegading sukses mengembangkan potensi desa melalui pemberdayaan masyarakat. Bergerak pada bidang kuliner, tak sedikit pesanan kue tradisional datang hingga dari Malaysia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top