Radar Bone

Berita Terkini

Resmi Pilkada Serentak 2020 Diundur. Penyelenggara Pemilu Siapkan Tiga Opsi

RADARBONE.CO.ID-Pilkada serentak yang sedianya digelar September 2020, terpaksa diundur menyusul kian mewabahnya virus corona atau Covid19.

Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar mengabarkan Pilkada serentak 2020 diundur. Frits sendiri mengaku pilkada diundur ke tahun 2021. Kabar terserbut disampaikan oleh Fritz melalui akun instagram pribadinya yang diunggah pada Senin 30 Maret pukul 18.33 WIB.

Dalam postingan tersebut Fritz menyebut RDP Komisi II DPR RI, Mendagri, KPU, Bawaslu dan DKPP yang berlangsung Senin sepakat menunda pilkada serentak dengan pemungutan suara 23 September 2020 ditunda sampai 2021 yang tanggalnya akan ditentukan kemudian.

Sementara dalam laman KPU, ada tiga opsi terkait waktu penundaan pilkada serentak. Yakni opsi A terkait pelaksanaan pilkada digelar pada 9 Desember 2020 atau ditunda tiga bulan. Kemudian opsi B, pemungutan suara dilaksanakan pada 17 Maret 2021 dan opsi C, pilkada serentak digelar 29 September 2021.

Sementara kesimpulan rapat yang ditandatangani Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Ketua KPU, Arif Budiman, Ketua Bawaslu, Abhan dan Plt Ketua DKPP, Muhamma menyebutkan, alasan yang akan digunakan sebagai payung hukum adalah Perpu (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang).

Untuk Dana Hibah Pilkada yang telah ditandatangani dalam NPHD akan dikembalikan kepada Pemda untuk digunakan dalam penanganan bencana nonalam Covid-19.

Wacana penundaan Pilkada Serentak sudah digulirkan KPU RI beberapa hari lalu.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan, salah satu skenario yang disusun KPU adalah memundurkan pelaksanaan Pilkada serentak selama satu tahun. Dari pelaksanaan pemungutan suara pada September 2020 menjadi September 2021.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top