Safari Politik di Wajo, Nurdin Halid Ziarahi Makam Lamaddukelleng – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Safari Politik di Wajo, Nurdin Halid Ziarahi Makam Lamaddukelleng

RADARBONE.CO.ID_SENGKANG–Calon Gubernur Sulsel nomor urut satu, Nurdin Halid melakukan kunjungan safari politik ke Bumi Lamaddukelleng, julukan Kabupaten Wajo. Usai mengunjungi Pasar Mini, Tokampu, Kelurahan Siengkang, Kecamatan Tempe, NH menyempatkan berziarah ke makam pahlawan nasional Lamaddukkelleng, di tengah kesibukan kampanye di Wajo, Kamis pagi .

Sekira pukul 08.00 wita, NH tiba di kompleks makam pahlawan yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, 200 meter dari pusat Kabupaten Wajo, Lapangan Merdeka. Setelah mengisi buku tamu, pasangan Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar kemudian melangkah ke dalam kompleks makam. Ia kemudain bersimpuh berdoa seraya menengadahkan kedua tangan di sekitar pusara Lamaddukkelleng.

Cukup lama Nurdin berdoa, sebelum beranjak menggalkan makam dan memulai kembali aktivitas kampanye hari kedua di Kabupaten Wajo. Ziarah dilakukan sebagai wujud dari prinsip menghargai jasa perjuangan pahlawan dalam melawan penindasan dan ketidakadilan.

Prinsip itu pulalah yang menjadi motivasinya saat berniat maju pada Pilgub Sulsel berpasangan dengan Aziz Qahhar. Sejumlah ketimpangan yang terjadi di berbagai pelosok Sulsel hendak diatasi melalui Gerakan Membangun di Kampung.

Di beberapa kesempatan, NH juga selalu memuji sikap kesatria yang dipegang teguh oleh sosok Lamaddukelleng. Spirit itulah yang dikobarkan NH kepada masyarakat Wajo dan Sulsel agar tetap diwarisi.

“Lamaddukelleng saat itu berhasil memotong jalur untuk menghindari Belanda. Penjajah akhirnya bisa dihindari berkat kecerdasan dan kelihaian yang dimiliki oleh beliau,” ujar Nurdin.

Nurdin memang dikenal sebagai sosok yang sangat mengagumi dan memegang teguh prinsip pejuang sekaligus raja-raja di lingkup Sulsel. Di antaranya ialah Raja Bone, Arung Palakka dan Raja Gowa, Sultan Hasanuddin. Nilai-nilai perjuangan dan warisan kebudayaan mereka mutlak harus tetap dipertahankan. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top