Segini Jumlah Daftar Tunggu Jamaah Haji di Bone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Segini Jumlah Daftar Tunggu Jamaah Haji di Bone

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Meski pemerintah telah menaikkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH). Namun antusias warga Bumi Arung Palakka untuk berhaji tetap tinggi.
Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Agama Kabupaten Bone, keadaan sampai Januari lalu, warga yang masuk daftar tunggu mencapai 22 ribu orang.

“Sampai Januari, sudah 22 ribu yang masuk daftar tunggu,” jelas H Anwar, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Bone.
Diakui Anwar banyaknya warga yang masuk daftar tunggu menyebabkan giliran pemberangkatan calon jemaah haji ke tanah suci pun harus menunggu waktu yang cukup lama. Ini diperparah dengan kuota pemberangkatan CJH setiap tahunnya yang hanya mencapai 753 orang.

“Jadi yang mendaftar sekarang akan menunggu sampai 30 tahun lamanya mengingat ada 22 ribu yang sudah masuk daftar tunggu,” katanya.
Lebih jauh Anwar mengungkapkan, pemberangkatan calon jemaah haji juga diperketat. Untuk menunaikan ibadah haji, calon jemaah harus memiliki umur minimal 12 tahun.

“Sekarang sudah ada peraturan bahwa untuk ikut ibadah haji harus berusia 12 tahun, di bawahnya itu belum bisa.
Selain itu juga sudah keluar peraturan tentang yang sudah pernah menunaikan ibadah haji. Apabila mereka mau kembali berhaji, usia hajinya, harus sampai 10 tahun baru bisa mndaftar lagi,” bebernya.
*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top