Terindikasi Korupsi, Oknum Komisioner KPU Sinjai Terancam Dicopot – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Terindikasi Korupsi, Oknum Komisioner KPU Sinjai Terancam Dicopot

RADARBONE.CO.ID–Oknum komisioner KPU Sinjai berinisial IR, yang terindikasi memalsukan tanda tangan PPSnya untuk pencairan anggaran pilkada saat menjabat Ketua PPK, terancam dicopot dari jabatannya.

IR diduga melakukan konspirasi yang mengakibatkan kerugian negara.

Diketahui sebelumnya Seorang oknum Komisioner KPU Sinjai berinisial IR dilaporkan ke Mapolres Sinjai lantaran diduga melakukan pemalsuan tandatangan pada dokumen Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) keuangan pemasangan alat peraga kampanye (APK) pada Pilkada 2018 lalu.

IR yang sebelumnya menjabat sebagai ketua PPK Kecamatan Sinjai Timur dilaporkan oleh dua orang PPS masing-masing bernama Tasbi (PPS Desa Kampala) dan Muhlis (Ketua PPS Desa Biroro) melalui kuasa hukumnya.

Pemerhati korupsi yang juga ketua KNPI Sinjai Utara,Rola Surya Nama meminta agar pihak kejaksaan tinggi Sulsel mengusut penggunaan anggaran Pilkada 2018 di Kabupaten Sinjai.

“Sangat kua dalam penggunaan amggaran pilkada itu, terdapat dugaan pelanggaran sistem administrasi sehingga berpotensi merugikan keuangan negara dalam pos anggaran pilkada,” ujarnya.

Ia juga mendesak KPU RI untuk memberhentikan oknum penyelenggara yang cacat hukum.

Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Sinjai Bersatu, Ahmad Marsuki selaku kuasa pelapor yang dikonfirmasi mengaku pihaknya juga mengadukan persoalan itu ke DKPP atas dugaan beberapa pelanggaran.

Misalnya kata Mamat sapaan Ahmad Marsuki yakni,  adanya pembukaan kotak suara secara tidak sah, tidak ditemukannya hasil rekapitulasi suara tingkat kecamatan pada kotak suara (model DA) pada saat rekapitulasi tingkat kabupaten serta adanya dugaan pemalsuan dokumen.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top