Top Ranking, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar Cerdas Melihat Peluang – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Top Ranking, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar Cerdas Melihat Peluang

RADARBONE.CO.ID_MAKASSAR – Jaringan Suara Indonesia (JSI) punya cara tersendiri dalam memotret prilaku pemilih mengenai siapa pasangan kandidat gubernur dan wakil gubernur Sulsel yang menempati posisi teratas.

Jika berdasarkan pada metode ranking dari hasil riset JSI di lapangan, maka temuannya, yakni sebagian besar masyarakat memilih pemimpin berdasarkan karakter dan kompetensinya.

“Kita di JSI sudah dari 8 tahun lalu SOP nya itu menentukan kualitas kandidat berdasarkan sistem ranking. Bukan dengan mengeluarkan angka-angka persentasi masing-masing pasangan semata,” kata Direktur JSI, Fajar S Tamin dalam kegiatan diskusi politik yang digelar oleh Komunitas Jurnalis Politik Makassar dengat tema ‘Pemimpin Sulsel, Pemimpin Rakyat’, Kamis (29/3/2018).

Fajar menjelaskan, untuk Pilgub Sulsel, pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) menempati peringkat pertama. Disusul Nurdin Abdulllah-Andi Sudirman Sulaiman (NA-ASS).

Di posisi ketiga, kata dia, ada Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz), serta terakhir Agus Arifin Nu’mang-Tanri Balilamo (Agus-TBL).

“Keberhasilan dengan peringkat yang diraih oleh calon gubernur ini berdasarkan riset JSI. Karena memang kandidat ini berhasil melihat peluang di lapangan untuk menarik simpati masyarakat. Di potret survei itu kelihatan, bagaimana kandidat mengolah isu di lapangan dan meramunya menjadi alat untuk menarik dukungan dari pendukung kandidat lain,” jelas Fajar.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Pakar Politik Universitas Muhammadiyah Andi Luhur Prianto. Menurutnya, kekuatan kandidat dinilai dari seberapa besar mengelola isu di lapangan dalam meraih dukungan. Dengan memanfaatkan itu peluang menang semakin besar.

“Yang menetukan kekuatan konsolidasi, infrastruktur. Kalau itu bisa dikuasai pendukung kandidat lain bisa pindah ke kandidat itu. Apalagi pergaulan keluarga, sahabat, rekan bisnis dan sebagainya itu peluangnya besar,” pungkas Luhur.#

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top