Wow, 50 Kepala Desa di Bone Telah Diperiksa BPK – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Wow, 50 Kepala Desa di Bone Telah Diperiksa BPK

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI fokus memeriksa pengelolaan dana desa di daerah ini. Satu persatu kepala desa telah dipanggi untuk memberikan keterangan terkait pengelolaan dana desa selama kurun waktu 2015-2018.

Salah satu ruangan di lantai II kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bone. Nyaris tiap hari, ruangan ini didatangi kepala desa dan aparatnya. Mereka memenuhi panggilan tim BPK yang datang memeriksa di Bumi Arung Palakka sejak 2-30 Oktober nanti.

Ruang pemeriksaan BPK tersebut selalu tertutup. Jarang ditemukan kepala desa antre di depan pintu menunggu panggilan dari dalam ruangan. Tersisa tiga hari lagi BPK merampungkan pemeriksaannya di Bone. Nah, sudah berapa kades yang telah dimintai keterangan oleh BPK sampai sejauh ini?.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bone, A Arsyad Lantara mengatakan pemeriksaan kepala desa dilakukan secara sampel. BPK yang menentukan kepala desa yang akan diperiksa. Sejauh ini, kata Arsyad sudah 50 kepala desa telah dimintai keterangan oleh tim BPK.

“Pemeriksaan kinerja kepala desa sampai saat ini sudah 50 orang. Awalnya BPK memanggil 25 orang. Kemudian berlanjut ke tahap kedua juga sebanyak 25 orang, sehingga total ada 50 kepala desa diperiksa,” kata Arsyad.
Pemeriksaan secara sampel mengacu kepada kriteria yang telah ditentukan. Adapun klasifikasi desa yang diambil sebagai sampel, yakni desa yang terluas dan terkecil wilayahnya. Kemudian terjauh dan terdekat dengan kota. Dan terakhir desa yang terbanyak dan terkecil penduduknya.

Arsyad mendukung pemeriksaan ini, karena akan menghindarkan kades dari jerat hukum.
“Pemeriksaan kinerja kepala desa tersebut sangat bagus, karena program ini salah satu upaya BPK untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Dimana pemeriksaan ini termasuk juga pembinaan dalam penggunaan dana desa. Sehingga kepala desa selalu waspada dalam menggunakan dana desa. Kami berterima kasih atas kegiatan yang dilakukan BPK ini, karena itu sangat membantu dalam proses penggunaan dana desa,” kunci Arsyad.

*

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top