Wow, BPNT Belum Tepat Sasaran – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Wow, BPNT Belum Tepat Sasaran

Sekretaris Daerah Kabupaten Bone HA Surya Darma SE saat memimpin rapat koordinasi terkait program BPNT yang belum tepat sasaran. Turut hadir, Dinas Sosial, TKSK beserta camat.

RADARBONE.CO.ID_TIBOJONG–Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang digelontorkan pemerintah melalui Dinas Sosial belum tepat sasaran. Sejumlah penerima bantuan, justru tak semua masuk sebagai kategori miskin, sehingga memicu terjadinya protes dari masyarakat.  Seperti halnya terjadi di Kelurahan Tibojong Kecamatan Tanete Riattang Timur, sejumlah penerima BPNT justru tak layak menerima bantuan. Sementara ada yang layak justru tak diakomodir sebagai penerima BPNT.

Lurah Tibojong A ST Aiyah mengaku sudah banyak menerima bentuk pengaduan dari warganya sejak program BPNT ini disalurkan pemerintah. Warga secara sengaja datang ke kantor untuk mempertanyakan adanya sejumlah penerima justru tak layak untuk diberikan bantuan.  Selaku pemerintah, pihaknya juga tak bisa memberikan tanggapan secara jelas, karena selama ini program BPNT yang disalurkan di tingkat kelurahan justru tak melibatkan pemerintah setempat.

“Termasuk TKSK sebagai pengelola bantuan juga tak pernah melibatkan kami. Makanya, kami juga bingun menjawabnya,” katanya.  Seharusnya, bantuan seperti ini melibatkan pemerintah setempat. Karena yang lebih tau bisa menerima bantuan dan tidaknya adalah pemerintah kelurahan. “Supaya BPNT tepat sasaran, seharusnya program ini melibatkan pemerintah setempat dalam hal pendataan,” tandasnya.

Kepala Bidang Penanganan Kemiskinan Dinas Sosial Kabupaten Bone, H Faisal meminta kepada pemerintah kelurahan agar melakukan musyawarah untuk menentukan warga yang berhak sebagai penerima BPNT, jika memang TKSK belum melakukan verifikasi.

“Dalam waktu dekat, data verifikasi penerima BPNT akan kami kirim ke pusat. Jadi bagi kelurahan yang belum dilakukan verifikasi bisa melakukan verifikasi,” katanya.
Terkait TKSK yang tak melibatkan pemerintah kelurahan dalam kegiatan verifikasi tentu akan menjadi Dinas Sosial Kabupaten Bone. “Nanti kami akan sampaikan ke TKSK yang tidak melibatkan pemerintah setempat dalam kegiatan verifikasi penerima BPNT. Karena kami sudah perintahkan agar kegiatan verifikasi supaya menggandeng pemerintah setempat, karena dialah yang lebih tau warga yang berhak menerima program BPNT ini,” imbuhnya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top