Akmal Pasluddin Dorong Peran Masyarakat Mengawasi Sumber Daya Kelautan dan Perikanan

  • Bagikan

RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Anggota DPR RI DR HA Akmal Pasluddin MSi membuka kegiatan sosialisasi penguatan peran masyarakat dalam rangka pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan melalui sistem pengawasan berbasis masyarakat di salah satu hotel Jl Langsat, Rabu 8 Mei 2024.

Dalam sambutannya, Akmal Pasluddin yang juga anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut menekankan pentingnya menjaga ekosistem laut.

Menurutnya sumber daya kelautan dan perikanan harus dijaga dengan baik demi keamanan laut.

Ia menyebut Kabupaten Bone punya punya potensi laut dan hasil ikan cukup melimpah sehingga seluruh stakeholder harus selalu menjaga secara optimal. Bukan hanya pemerintah punya tanggungjawab, juga pelibatan peran masyarakat untuk mengawasi sektor kelautan dan perikanan.

"Peran masyarakat dalam menjaga sumber daya kelautan dan perikanan agar hasilnya bisa memberikan dampak positif terhadap masyarakat," ujarnya.

Apalagi Provinsi Sulsel sudah memiliki pangkalan pengawasan untuk dapat memantau langsung sektor kelautan dan perikanan.

Pangkalan pengawasan ini, kata dia, dinilai penting agar bisa memaksimalkan tugasnya dalam menjaga sumber kehidupan dan sumber ekonomi masyarakat.

"Karena negara kita dua pertiga laut, tentu modal besar untuk memaksimalkan potensi yang ada. Sektor laut juga sebagai salah satu pendorong ekonomi negara dan mata pencaharian masyarakat. Selama ini laut belum dimaksimalkan," ucapnya.

Bahkan Akmal juga menyampaikan adanya Undang-undang (UU) kelautan sehingga negara bisa memaksimalkan potensi laut.

  • Bagikan

Exit mobile version