Hadiri Pertemuan Koordinasi IKAHI-IPASPI, Wabup Bone Puji Layanan Prima PN Watampone

  • Bagikan

BONE, RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Bertempat di Aula Gedung Pengadilan Negeri Watampone, Wakil Bupati Bone Drs H Ambo Dalle MM didampingi Ketua Pengadilan Negeri Watampone H Moehammad Pandji Santoso SH MH dan Ketua Pengadilan Agama Watampone, Dra Nur Alam Syaf SH MH, menghadiri pertemuan dan koordinasi Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) dan Ikatan Panitera Sekretaris Pengadilan Indonesia (IPASPI) Cabang Watampone, bertempat di Kantor Pengadilan Negeri (PN) Watampone, Jalan MT Haryono Kelurahan Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat.

Acara ini berlangsung semarak dan hikmah. Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Bone, Irwandi Burha , Wakapolres Bone dan Dandim 1407 Bone.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Bone memberikan apresiasi yang tinggi terhadap keberadaan organisasi IKAHI dan IPASPI Cabang Watampone, yang telah memberikan inspirasi dan motivasi bagi organisasi profesi lainnya di Kabupaten Bone.

Bahkan bagi wabup, PN Watampone selama ini mampu memberikan layanan prima bagi para pencari keadilan di Bone.

"Termasuk dengan kemampuan menciptakan sejumlah inovasi pelayanan prima bagi masyarakat yang tersebar di 27 Kecamatan dengan segala tantangannya," katanya .

Wabup mengakui, banyaknya kecamatan dan beratnya kondisi alam wilayah Kabupaten Bone yang berbeda – beda, tidak menyurutkan semangat hakim dan aparatur pengadilan untuk mengabdikan diri memberikan penyuluhan, termasuk memberikan pelayanan pendaftaran perkara dan persidangan secara elektronik, pelayanan administrasi secara elektronik, maupun sidang di tempat.

"Terlebih sejumlah inovasi di lingkungan Pengadilan telah pula menyentuh pemberian dan peningkatan pelayanan bagi kaum rentan dan disabilitas," katanya.

Hal ini bisa dilihat dari kehadiran Pengadilan Negeri Watampone yang seringkali menjadi tujuan studi tiru / studi banding instansi pemerintah daerah maupun instansi vertikal lainnya dari wilayah lain di sekitar Kabupaten Bone bahkan dari Sulawesi Barat.

Dalam kesempatan tersebut pula, Ketua Pengadilan Negeri Watampone H Moehammad Pandji Santoso SH MH selaku salah satu Pembina IKAHI dan IPASPI Cabang Watampone mengutarakan, di Kabupaten Bone terdapat dua badan peradilan di bawah Mahkamah Agung Republik Indonesia, yaitu Pengadilan Negeri Watampone yang berada di bawah naungan Badan Peradilan Umum / Ditjen Badilum MARI, dan Pengadilan Agama Watampone yang berada di bawah naungan Badan Peradilan Agama / Ditjen Badilag MARI dengan jumlah anggota keseluruhan Hakim di kedua lembaga peradilan tersebut sebanyak 40 orang, pejabat kepaniteraan ( Panitera, Panitera Muda, Panitera Pengganti, Juru Sita, Juru Sita Pengganti ) sebanyak 55 (lima puluh lima) orang, pejabat kesekretariatan (Sekretaris, Kepala Sub Bagian ) sebanyak 8 (delapan) orang.

  • Bagikan