KPU Bone Siapkan 66 Kuota PPS di Dua Boccoe, Hari Ini Test Serentak

  • Bagikan

BONE, RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Hari ini, Kamis 19 Januari 2023, digelar test serentak Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kecamatan Dua Boccoe.

"Total kuota PPS di Dua Boccoe sebanyak 66 orang yang nantinya tersebar di 21 desa dan 1 kelurahan," kata Anggota PPK Dua Boccoe, Justang.

Setiap desa, disiapkan tiga kuota. "Adapun pendaftar PPS sesuai domisili. Jadi berbasis KTP," ungkap Ketua PPK Dua Boccoe, Muh Rakib.

Komisioner KPU Bone, Harmita mengatakan, pelaksanaan tes PPS berlangsung dari tanggal 18 sampai 19 Januari 2023.

"Jadi kita bagi per tim, dimana setiap komisioner KPU mengkoordinir setiap dapil. Ini supaya memudahkan proses wawancara," ungkapnya.

Harmita juga menyebutkan jika semua PPK terlibat dalam tahapan wawancara ini.

"Adapun penetapan PPS terpilih pada 20 Januari dan pelantikan pada 24 Januari," tukasnya

Persyaratan untuk menjadi PPS, tambahnya, semua sudah tercantum dalam Undang-undang Pemilu. Syaratnya, kata dia, di antaranya Warga Negara Indonesia dan sesuai dengan domisili tempat pelamar tersebut. Kemudian tidak terdaftar sebagai anggota partai politik.

"Selanjutnya yang paling penting adalah mempunyai integritas, pribadi kuat, jujur, dan adil. Ini menjadi 'konsern' kami di KPU. Untuk bisa mendapatkan jajaran adhoc yang memiliki integritas, jujur, dan adil ini menjadi salah satu perhatian khusus kami," kata dia.

Hal itu, ujar dia, mengingat bahwa jajaran PPK, PPS yang bertugas di tingkat kecamatan, desa, dan kelurahan merupakan tulang punggung KPU secara keseluruhan.

*

  • Bagikan