DLH Gelorakan Aksi Mengurangi Dampak Perubahan Iklim

  • Bagikan

BONE, RADARBONE.FAJAR.CO.ID-Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone melakukan sosialisasi dengan sejumlah kepala desa di Hotel Novena, Selasa, 21 Maret 2023.

Kegiatan yang bertajuk 'Aksi Mengurangi Dampak Perubahan Iklim' tersebut dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan proklim tahun 2022 dan pembinaan proklim tahun 2023.

Turut hadir Kepala Pusat Pengendalian dan Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku. Untuk memotivasi kepala desa, DLH menghadirkan Hardi Buhaerah, untuk berbagi kisah dan pengalaman.

Hardi Buhaerah adalah mantan Kepala Desa Poleonro, Kecamatan Lamuru yang berhasil mengantarkan desa tersebut meraih penghargaan Desa Proklim hingga ke level Lestari.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone, Dray Vibrianto, S.IP, M.Si mengatakan kegiatan penyelamatan lingkungan tidak bisa dilihat hasilnya seketika.

Namun demikian, kelak akan dirasakan oleh generasi yang akan. " Apa yang kita lakukan akan menjadi amal jariyah. Ini Tidak bisa ditukar dengan uang," ungkapnya di hadapan para kepala desa.

Lebih jauh Dray mendorong kepala desa untuk mewujudkan desanya menjadi Desa Proklim. Namun demikian, sambung Dray, penghargaan proklim bukan tujuan akhir melainkan menjadi motivasi untuk memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Sebaik-baik penghargaan bermanfaat bagi orang banyak. Kita bekerja bukan untuk dilihat. Tetap bagaimana tetap maju dan berproses. Diminta tidak diminta kewajiban kami untuk mendampingi bapak-bapak semua untuk menjaga lingkungan," tegas Dray.

Penegasan ini bukan isapan jempol belaka. Kerja-kerja senyap dibuktikan Dray dengan mengantarkan Kota Watampone meraih penghargaan sertifikat Adipura yang sudah 10 tahun lebih hilang di Bumi Arung Palakka.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Kabupaten Bone, A. Takdir, ST. MSi mengatakan kegiatan ini dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan proklim 2022 dan pembinaan proklim 2023. Ada delapan desa yang mendapatkan penghargaan proklim 2022.

"Kabupaten Bone yang terbanyak di Sulsel menyumbang penghargaan Desa Proklim Tahun 2022," jelasnya.

Selain itu, lanjut Takdir, ada ada 3 lokasi yang meraih penghargaan Desa Proklim level Lestari. "Untuk tahun 2023, ada 12 desa diusulkan untuk mendapatkan penghargaan Desa Proklim. Insya Allah, mudah-mudahan lolos semua," kunci dia.

  • Bagikan