Dibawah Kendali Bupati IDP, Inflasi di Luwu Utara Terkendali

  • Bagikan

LUWU UTARA, RADARBONE.FAJAR.CO.ID- Menjelang perayaan hari besar keagamaan seperti halnya Bulan suci Ramadan yang beberapa hari lagi, High Level Meeting (HLM) Seperti ini memang manjadi agenda rutin Bagi Tim pengendali inflasi daerah guna memantau dan mengantisipasi terjadinya inflasi,”Demikian di sampaikan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat Mengawali sambutannya pada HLM, Selasa 21/03/2024, Di aula lagaligo kantor Bupati Lutra.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa inflasi di Kabupaten Luwu Utara tergabung dengan Kota Palopo untuk wilayah yang dihitung inflasinya berada di angka sekitar 5,36%, dimana kondisi tersebut masih lebih rendah jika dibanding dengan kondisi inflasi nasional dan Provinsi Sulsel.

“Kondisi inflasi untuk di wilayah Luwu Raya saat ini masih relatif terkendali, karena kita termasuk sebagai salah satu produsen dari beberapa bahan pokok, dimana secara umum beberapa komoditi yang menyumbang inflasi juga tersedia di Luwu Utara, sehingga apabila mengalami kenaikan harga tidak terlalu signifikan,” ungkap Bupati Perempuan Pertama di Sulsel ini.

Bicara tentang inflasi, Indah Menjelaskan ada 3 hal penting yang menjadi perhatian yaitu pertama bagaimana ketersedian pasokan dan stok di pasaran, kedua terkait kondisi harga, ketiga terkait kelancaran distribusi yang dapat dipengaruhi dengan kondisi akses infrastruktur dan kondisi cuaca. "Oleh karena itu kita harus memastikan bahwa semua ketersediaan pasokan dan stok bahan pokok yang berpotensi menjadi penyumbang inflasi dapat terpenuhi selama bulan ramadan,” terangnya.

Indah berharap Pemantauan harga harus terus dilakukan sehingga dapat kita lakukan intervensi cepat, dimana apabila ada komoditas yang harganya melonjak tajam dapat di antisipasi dengan cepat.

“Pemantauan harus terus dilakukan,untuk stabilitas harga kita harus menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET), dan pesan saya jika ada oknum yang bermain dengan menjual diatas HET, harus dilakukan tindakan tegas,”Tegasnya.

Terakhir Indah Berpesan kepada OPD terkait agar melakukan kerja sama dengan penyedia kebutuhan pokok masyarakat untuk menggelar pasar-pasar murah.”Saya meminta kepada OPD terkait untuk menggelar pasar-Pasar murah bagai masyarakat sehingga dapat menekan terjadinya inflasi,”Tutupnya

  • Bagikan