BPJS Kesehatan Komitmen Hadirkan Layanan Masyarakat Terbaik

  • Bagikan

BONE, RADARBONE.FAJAR.CO.ID – BPJS Kesehatan berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Hal ini ditegaskan kembali oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Watampone, Indira Azis Rumalutur, Selasa 16 April 2024.

Indira memastikan seluruh jajarannya berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik kepada seluruh masyarakat, khususnya kepada peserta JKN. Mulai dari pendaftaran kepesertaan sampai dengan perubahan data kepesertaan pun dilayani dengan mudah, cepat dan tentunya setara

“BPJS Kesehatan senantiasa memberikan layanan yang terbaik bagi seluruh masyarakat, khususnya peserta JKN dan ini sudah menjadi komitmen kami bersama seluruh jajaran di BPJS Kesehatan,” tegas Indira.

Indira juga menyebut bahwa pelayanan Program JKN saat ini sudah semakin baik dan mudah, masyarakat yang belum menjadi peserta JKN cukup memilih menginginkan pelayanan secara langsung maupun tidak langsung (online).

Selain itu, ia juga mengaku telah menjalin kolaborasi dan komunikasi dalam hal pelayanan kepesertaan dengan stakeholder terkait seperti Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Disdukcapil bahkan ke DPMPTSP.

Indira mencontohkan salah satu bentuk kolaborasi antara BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Daerah Bone adalah dengan melakukan simplikasi alur pendaftaran peserta PBPU dan BP Pemda agar peserta dapat terlayani dengan cepat dan pasti di fasilitas kesehatan. Sehingga masyarakat ketika berada di fasilitas kesehatan dapat segera terlayani melalui jalur koordinasi yang sudah dibangun bersama.

Tentunya ini menjadi salah satu bukti keseriusan BPJS Kesehatan dan Pemerintah Daerah Bone dalam melayani kebutuhan masyarakat terkait dengan penjaminan pelayanan kesehatan secara gratis khususnya program Universal Health Coverage (UHC) yang tengah berjalan di Kabupaten Bone saat ini.

“Sejak tahun 2023 lalu Kabupaten Bone telah menyandang predikat UHC sehingga telah meng-cover kurang lebih 95 % masyarakat yang ada di Kabupaten Bone. Olehnya BPJS Kesehatan telah menjalin kerja sama dengan seluruh stakeholder terkait demi mendukung keberlangsungan program ini,” ujar Indira.

Tidak sampai disitu, layanan tatap muka secara langsung di Kantor BPJS Kesehatan ataupun dapat ditemui di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bone. Disamping itu, BPJS Kesehatan juga memberikan alternatif layanan non tatap muka seperti pelayanan administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA) yang dapat diakses melalui nomor 0811 8 165 165, kemudian ada juga layanan Call Center 165 dan layanan berbasih digital melalui smartphone yakni Aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh melalui play store ataupun IOS semuanya disediakan untuk menjawab ragam kebutuhan peserta.

Terbaru BPJS Kesehatan juga telah menyiapkan perangkat Anjungan Mandiri (AMAN) JKN yang diletakkan di kantor Cabang, yang dapat digunakan oleh peserta JKN secara mandiri untuk melakukan pengecekan status keaktifan peserta dan informasi tagihan iuran . Selain itu layanan BPJS Keliling juga masih tetap berjalan di kantor-kantor kecamatan yang ada di kabupaten Bone sampai saat ini.

Lebih lanjut, Indira mengatakan sama halnya dengan layanan administrasi kepesertaan, layanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan pun diperkuat dengan komitmen Transformasi Mutu Layanan untuk memberikan layanan yang mudah, cepat dan setara kepada peserta JKN, dan mendorong fasilitas kesehatan untuk tetap berkomitmen dalam melaksanakan janji layanan kepada peserta JKN.

“Mulai dari penerimaan NIK/KTP/KIS Digital untuk pendaftaran pelayanan kesehatan, tidak lagi meminta dokumen fotokopi kepada peserta sebagai syarat pendaftaran, pemberian pelayanan tanpa memungut iur biaya, tidak melakukan pembatasan hari rawat pasien (sesuai indikasi medis), memberikan pelayanan obat yang dibutuhkan dan tidak membebankan peserta untuk mencari obat jika terdapat kekosongan obat, serta melayani peserta JKN dengan ramah tanpa diskriminasi, “ Ujar Indira

Indira juga menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh stakeholder, terkhusus fasiltas kesehatan yang telah konsisten dalam mendukung transformasi mutu layanan. Ia berharap hal-hal yang telah berjalan dengan baik dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan. Indira juga menegaskan akan terus meningkatkan mutu layanan baik layanan administrasi di kantor BPJS Kesehatan, maupun pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama.

Sementara itu ditemui dikesempatan yang berbeda Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bone drg. Yusuf Tolo mengatakan bahwa pihaknya telah berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan dalam hal pemberian pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Bone. Ia menjelaskan sekarang keluhan sudah semakin berkurang bahkan jarang ditemukan. Hal ini dapat terlihat dari sudah dapat terakomodir pelayanan cepat terkait pendaftaran penjaminan pelayanan kesehatan masyarakat sakit yang membutuhkan

“Saya rasa seluruh stakeholder dan BPJS Kesehatan sudah bekerjasama dengan optimal bahkan tanpa mengenal hari libur, mereka sigap dalam mengakomodir pendaftaran kepesertaan untuk mendapatkan penjaminan kepesertaan,” jelas Yusuf

Ia pun mengatakan Sebanyak 55 fasilitas kesehatan tingkat pertama dan 8 fasiltas kesehatan rujukan tingkat lanjutan yang ada di Kabupaten Bone telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan siap melayani peserta JKN, ia pun senantiasa mengingatkan seluruh jajarannya agar terus memberikan dan meningkatkan mutu layanan utamanya untuk masyarakat khususnya peserta JKN.

  • Bagikan