Aspirasi Petani, Ingin Jambore Pertanian Jadi Event Tahunan

  • Bagikan

RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Jambore pertanian yang berlangsung di Bumi Perkemahan Bakke Desa Kajaolalliddong Kecamatan Barebbo selama dua hari, dari tanggal 27 sampai 28 April 2024 resmi ditutup.

Gelaran Akbar yang dihadiri 5.300 kelompok tani ini dinilai membawa dampak positif. Selain perputaran ekonomi yang menghidupkan UMKM, juga sarana bertukar pikiran dan menyamakan persepsi terkait kemajuan pertanian di Bone.

Tak heran, kelompok tani yang hadir di jambore ini ingin agar event tersebut menjadi acara tahunan dan setiap kecamatan digilir menjadi tuan rumah.

Sebelumnya digelar berbagai kegiatan dilokasi perkemahan ini, mulai dari pameran kuliner, lomba BPP berprestasi hingga hiburan malam yang dihadiri artis ternama, Selfi LIDA.

Acara yang digagas Kadis Pertanian H Andi Asman Sulaiman tersebut, emudian ditutup dengan jalan santai anti mager hingga pengundian doorprize. Dimana panitia menyiapkan beragam hadiah menarik. Mulai dari belasan sepeda, kompor gas hingga kulkas.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, H Andi Asman Sulaiman berterima kasih atas dukungan semua pihak, utamanya Menteri Pertanian, H Andi Amran Sulaiman atas terlaksananya kegiatan ini.

Andi Asman juga mengaku, jambore pertanian menjadi ajang bertukar pendapat, menyamakan persepsi dalam mengatasi sejumlah masalah yang kerap dihadapi petani, mulai dari hama, benih hingga pupuk.

"Kemudian tadi, banyak yang berharap kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun. Dan digilit setiap kecamatan menjadi tuan rumah. Termasuk ingin dilaksanakan kegiatan tanam perdana, panen perdana, lomba produksi, pameran hasil pangan dan simulasi penanganan hama," ujarnya.

Ia berharap siapapun pemimpin kedepan, Jambore Pertanian ini menjadi agenda wajib.

"Pemda kedepan wajib mendukung penuh, termasuk anggaran untuk jambore pertanian. Karena untuk kegiatan ini, butuh anggaran tidak sedikit, mencapai militan rupiah, tepao manfaat yang dihasilkan sangat besar. Terima kasih bapak Menteri Pertanian, sudah mendukung usaha ini, badan usaha yang menjadi mitra kami. Alhamdulillah, pelaksanaan jambore pertanian selesai dan berterima kasih kepada elemen masyarakat dapat berjambore dengan baik," kuncinya.

Sebelumnya, pada pembukaan jambore pertanian, dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Dirjen Holtikultura Kementan, Direktur Polbantan, Unsur Forkopimda, Camat Barebbo, Tripika Kecamatan, sejumlah camat, para Kepala Desa, Kepala BPP, Ketua Kelompok Tani se Kabupaten Bone, serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas se Kabupaten Bone

  • Bagikan

Exit mobile version