Spektakuler, Bone Catat Rekor Panen Padi 17,9 Ton/Ha

  • Bagikan

BONE, RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Bone Patut Berbangga. Untuk kali pertama, mencatatkan rekor panen padi dengan hasil 17,92 ton perhektar.

Adalah kelompok tani (Poktan) Turucinae, Kelurahan Wae Tuo, Kecamatan Tanete Riattang Timur, yang melakukan panen di hari yang bertepatan Peringatan HUT RI ke- 77, sebagai bagian dari program IP400.

Panen padi tersebut dipimpin langsung Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bone, HA Asman Sulaiman SSos MM, didampingi Camat Tanete Riattang Timur, Andi Arman Bobby.

Andi Asman sangat bersyukur, hasil panen tersebut meningkat tajam. "Tentu ini sangat menggembirakan. Ini rekor baru. Bisa mencapai hampil 18 ton perhektar. Ini bisa dicapai, selain karena penggunaan pupuk organik, juga cuaca yang mendukung," paparnya.

Dia menambahkan, program andalan Kementerian Pertanian, yakni
program IP400 di Kabupaten Bone, hasilnya cukup memuaskan. Terbukti dengan apa yang dihasilkan sekarang ini.

Lanjut Andi Asman, atas hasil yang dicapai ini, tentu bertujuan sebagai penyemangat dan motivasi pejuang pangan dalam mewujudkan merdeka pangan.
"Kita melaksanakan Merdeka Pangan setelah upacara HUT Proklamasi RI di Lingkup Pertanian dan Tingkat Kabupaten Bone dengan panen padi,. Hari ini, panen padi dilaksanakan di dua titik masing-masing di Kelurahan Waetuo dan Kelurahan TA," kata Andi Asman.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Camat Tanete Riattang Timur, Kepala BPP Kecamatan Tanete Riattang Timur, Koordinator KSK Statistik Bone.

Selain itu, juga Lurah Waetuo Kecamatan Tanete Riattang Timur, Babinsa TRT Ketua Kelompok Tani dan Anggota, Tokoh Masyarakat, dan Ketua KWT Mentari Pagi Waetuo.

*

  • Bagikan