Pj Gubernur Sulsel Dikabarkan Bakal Dijabat Prof Zudan, Bahtiar ke Gorontalo

  • Bagikan

RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Beredar pesan berantai melalui grup WhatsApp, jika jabatan PJ Gubernur Sulsel bakal diisi Prof Zudan Arif.

Prof Zudan yang dikabarkan bakal menggantikan Bahtiar Baharuddin. Bahtiar sendiri sesuai isu beredar bakal digeser menjabat PJ Gubernur Gorontalo.

Isu rolling jabatan PJ Gubernur ini sudah menguat sejak Minggu 12 Mei kemarin.

Apalagi setelah terbitnya surat yang dikeluarkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Nomornya, 100.2.1.3/2200/SJ. Surat ditandatangani Plt Sekretaris Jenderal Kemendagri Komjen Pol Tomsi Tohir pada Jumat, 9 Mei 2024.

Surat itu menjelaskan berakhirnya masa jabatan Gubernur-Wagub Malut pada tanggal 10 Mei 2024. Juga berakhirnya masa jabatan Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, Pj Gubernur Sulawesi Barat, Zudan Arif Fakrulloh dan Pj Gubernur Banten pada 12 Mei 2024.

Dalam surat itu ditegaskan, sesuai ketentuan pasal 78 ayat (2) huruf A UU nomor 23 tahun 2014 ditegaskan bahwa kepala daerah atau wakil kepala daerah diberhentikan karena berakhir masa jabatannya.

Juga ketentuan pasal 131 ayat (4) PP nomor 49 tahun 2008 bahwa, dalam hal jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah terjadi kekosongan maka Sekda menjalankan tugas sebagai Plh Gubernur untuk menghindari kekosongan pimpinan pemerintahan.

Pelaksanaan tugas sebagai Plh dilaksanakan hingga ada kebijakan lebih lanjut dari pemerintah. Di Sulbar, Sekda Provinsi Sulbar, Muhammad Idris diangkat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Sulbar, untuk mengisi kekosongan jabatan Gubernur Sulbar.

Sinyal jabatan Prof Zudan sebagai PJ Gubernur Sulbar tidak diperpanjang, terlihat saat Prof Zudan pamit dan bersalaman dengan sekuriti Pemprov Sulbar, serta staf di rumah jabatan.

Hal itu dilakukan sebelum bertolak ke Mamuju Tengah memantau kesiapan venue perhelatan Pekan Olahraga Pelajar (Porprov) Sulbar dan selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Pasangkayu untuk membuka MTQ tingkat provinsi.

Sinyal kuat lainnya yang mengindikasikan dirinya akan bertugas sebagai PJ Gubernur Sulsel nampak dari postingan di akun tik tok @Zudan Arif Fakrulloh pada Selasa (9/5/2024).

Dalam postingan tersebut, Prof Zudan bersama Sekretaris Dewan , Hamzim olahraga di Kota Makassar.

"Ayo olahraga di Makassar," tulis Prof Zudan dalam caption postingannya

Terkait kabar dirinya akan didapuk sebagai Pj Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh mengaku menunggu arahan dari Presiden.

Saya habis masa jabatan sebagai Pj Gubernur Sulbar hari ini dan sebagai Plh-nya pak Sekda (Muhammad Idris). Saya balik tugas dulu sebagai Sestama BNPP,” ungkap Zudan Arif saat dikonfirmasi Herald Sulbar, Minggu, 12 Mei 2024.

Zudan menyatakan, dirinya menunggu arahan lebih lanjut dari Presiden Joko Widodo apakah ditugaskan melanjutkan di Sulbar atau dipindahkan.

“Ada informasi Hari Rabu diganti Pj Gubernur,” isi pesan WhatsApp berantai tersebut.

“Sulsel ke Gorontalo, Gorontalo ke Sulbar, Sulbar ke Sulsel,” sambungnya. (*)

  • Bagikan