Panjat Pinang Kecamatan Awangpone Sukses Menghibur Masyarakat

  • Bagikan

BONE, RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Suasana berbeda nampak menyita perhatian Masyarakat Kecamatan Awangpone, Kab. Bone Rabu 17 Agustus 2022 siang usai melaksanakan Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang di laksanakan di Kecamatan Awangpone, Lapangan Glora Desa Kading.

Ratusan pasang mata antusias menyaksikan aksi warga Awangpone menaklukkan licinnya pohon pinang yang di sapu Grease Gemuk States di batangnya.

Terpantau bermacam - Macam hadiah menarik diantaranya Kipas Angin Ruangan, Kompor Gas, Dispenser, Setrika, Galon air, Prabotan Dapur, Karpet, Pemanas Nasi, dan Lain sebagainya.

Sorak tawa pun menyeruak dari barisan para penonton lomba panjat pinang tersebut..

Lomba panjat pinang yang digelar dalam rangkaian HUT Kemerdekaan republik indonesia yang ke 77 yang dikordinatori dan dipelopori langsung oleh Lurah Macope, Asy'ari Pratama Hadipaty, S.STP, M.Si berdasarkan Restu dan petunjuk dari Camat Awangpone A. Kamaluddin, S.Ip, M.Si tersebut diikuti ratusan warga dari 17 Desa dan 1 Kelurahan serta Adik2 Pramuka, Tokoh Pemuda dari segala kalangan.

Aksi kocak yang diperagakan para peserta pun ternyata mampu menyita perhatian warga Bone Khususnya Masyarakat Awangpone.

Lurah Macope mengatakan, panjat pinang Ini adalah salah satu langkah mempererat tali kekeluargaan baik dari kami sendiri selaku Panitia Panjat pinang bersinergi dengan TNI Polri tetap solid dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaannya serta yang paling penting menjalin tali silaturahmi antar warga serta tidak terlepas dari budaya kemerdekaan Republik indonesia.

"Menurut saya Lomba panjat pinang ini memiliki filosofi yang sesuai dengan tema Kemerdekaan yakni kerjasama dan gotong royong membangun Bone sampai di puncak yang tertinggi serta membangkitkan semangat kebersamaan untuk Pulih lebih cepat dan bisa bangkit lebih kuat lagi," pungkasnya.
.

Sedangkan Dedi salah satu staf perangkat Desa Kading mengaku terhibur dengan aksi para pemanjat pohon pinang yang terlihat menggelikan. Ia berharap lomba ini menjadi event tahunan di kecamatan Awangpone.

Menurutnya baiknya digilir setiap tahunnya di tiap2 desa yang ada di Awangpone ini agar semua bisa merasakan eforia kekompakan dan kebersamaan yang erat.

“Meriah sekali, saya lihat , sedangkan para tamu undangan, pedagang diseputar lapangan, serta peserta pramuka pun banyak yang fokus menyaksikan. Semoga tahun depan ada lagi,” bebernya…

Sementara itu Camat Awangpone mengatakan dipilihnya lomba panjat pinang ini sebagai bentuk mengobati rasa rindu masyarakat dengan kegiatan pesta rakyat setelah 2 tahun terakhir dilanda covid 19..

A. Kamaluddin menjelaskan dalam perlombaan panjat pinang memiliki makna untuk saling bahu membahu dan gotong royong demi mencapai tujuan bersama. “Dalam lomba ini mengajarakan kita bahwa kesuksesan dalam meraih prestasi tidak bisa kita lakukan secara individu, namun harus bekerjasama secara tim, dan mengedepankan kekompakan kelompok” katanya.

Selain itu, lanjutnya, lomba panjat pinang  ini juga untuk menjaga kearifan lokal budaya Indonesia. “Meskipun saat ini era teknologi informasi sudah sangat maju dan modern, namun permainan tradisional yang sudah ada sejak jaman dahulu masih perlu dilestarikan serta dijaga dari generasi ke generasi” katanya.

Ia berharap mudah-mudahan melalui kegiatan ini mampu memelihara dan memperkuat jalinan silaturahim antar warga, serta menumbuhkan saling pengertian nilai-nilai solidaritas, sportivitas, dan menghapuskan sekat-sekat perbedaan….

  • Bagikan