Bawaslu Bone Awasi Verifikasi Admin Parpol

  • Bagikan

BONE, RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Badan pengawas Pimilihan Umum(Bawaslu) Kabupaten Bone melakukan pengawasan langsung proses verifikasi administrasi partai politik (Parpo) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone.

Pengawasan dilakukan untuk memastikan proses verifikasi berjalan dengan baik.

Koordinator Divisi (Koordiv) Penyelesaian Sengketa, Ernida Mahmud dan Koordiv pengawasan dan Hubla Alwi bersama tim fasilitasi pengawasan tahapan pemilu Bawaslu Kabupaten Bone, diterima komisioner KPU Kabupaten Bone, Andi Mappaninsong, Nasaruddin Zaelany dan Harmita di ruang verifikasi administrasi KPU Bone.

Dalam pengawasan tersebut, tim fasilitasi pengawasan mendapatkan delapan orang petugas tim verifikasi administrasi KPU Bone sedang melakukan kegiatan verifikasi.

Koordiv penyelesaian sengketa, Ernida Mahmud mengatakan, akan terus melakukan pengawasan untuk memastikan pelaksanan verifikasi data administrasi berjalan dengan baik.

"Hari ini kami mendapati tim verifikasi KPU Bone melakukan perekapan data ganda eksternal antar Partai Politik, yang telah memasukan pernyataan anggotanya ke SIPOL," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama Koordiv Pengawasan dan Hubla Alwi menanyakan ke KPU Bone terkait berapa jumlah pengaduan masyarakat yang data dirinya dicatut pada SIPOL.

"Data yang kami terima bahwa terdapat satu orang yang datang langsung ke KPU Bone dan delapan pengaduan yang masuk pada website resmi KPU," katanya.

Alwi juga menjelaskan, hasil koordinasi dengan Komisioner KPU Bone, Nasruddin Zaelani bahwa hasil verifikasi ganda eksternal ini akan disampaikan ke KPU Provinsi Sulawesi Selatan pada 6 September 2022.

  • Bagikan