Kabareskrim Polri Terseret Dugaan Tambang Ilegal di Kaltim, Viral Video Ismail Bolong Mengaku Setor Rp6 M

  • Bagikan

RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Beredar video viral, oknum polisi aktif berpangkat Aiptu, Ismail Bolong yang mengaku menyetor uang Rp6 miliar ke Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto.

Dalam video berdurasi 2 menit 17 detik itu, Ismail Bolong yang juga ketua KKMB Kalimantan Timur itu mengaku berprofesi sebagai pengepul konsesi tambang batubara ilegal di Desa Santan Ulu, Kecamatan Marang Kayu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

“Terkait adanya penambangan batu bara di wilayah Kalimantan Timur, bahwa benar saya bekerja sebagai pengepul batu bara dari konsesi tanpa izin,” ucap Ismail Bolong dalam video tersebut dikutip dari mediakaltim.com, Sabtu 5 November 2022.

Ismail Bolong diketahui merupakan putra asal Kabupaten Bone yang sukses di Kaltim. Saat pelantikan pengurus KKMB Kaltim, Ismail Bolong bahkan pernah mentraktir puluhan pejabat Kabupaten Bone yang berangkat ke Kaltim untuk menghadiri pelantikan pengurus KKMB.

Menjadi pengepul tambang batu bara ilegal, Ismail Bolong meraup keuntungan b mencapai kisaran Rp 5 miliar hingga Rp 10 miliar per bulannya. Sejak bulan Juli 2020 hingga November 2021.

Ismail menyebutkan telah sebanyak tiga kali menyetorkan uang ke Kabareskrim.

“Terkait kegiatan yang saya laksanakan, saya sudah berkoordinasi dengan Kabareskrim, yaitu ke Bapak Komjen Pol Agus Andrianto dengan memberikan uang sebanyak tiga kali. Yaitu pada bulan September 2021 sebesar Rp2 miliar, bulan Oktober 2021 sebesar Rp2 miliar, dan bulan November 2021 sebesar Rp2 miliar,” sebut Ismail.

“Dan telah menyerahkan langsung ke Komjen Pol Agus Andrianto di ruang kerjanya setiap bulan sejak Januari hingga Agustus 2021,” sambungnya.

Tak hanya kepada polisi berbintang tiga itu saja, Ismail juga mengaku telah menyetorkan uang kepada pejabat di Reserse Polres Bontang.

“Saya pernah memberikan bantuan sebesar Rp200 juta pada bulan Agustus 2021 yang saya serahkan langsung ke Kasatreskrim Bontang AKP Asriadi di ruangan beliau,” ungkapnya. 

  • Bagikan