Jawab Keluhan Warga Perumahan, Ade Ferry: Sementara Kita Perjuangkan Perda Soal Peralihan Aset Milik Pengembang

  • Bagikan

BONE, RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Anggota DPRD Bone, Ade Ferry Afrisal menggelar temu konstituen di Perumnas Tibojong, Rabu 9 November 2022.

Melalui temu konstituen ini, warga dominan mengusulkan perbaikan jalan,
drainase yang rusak atau sudah tidak mendukung.

Termasuk usulan warga, agar legislator Partai Golkar itu memperjuangkan penerangan jalan. Mengingat berapa titik startegis di lingkungan sekitar Perumnas Tibojong yang gelap ketika malam, yang rawan dari sisi keamanan.

"Termasuk beberapa warga yang belum mendapatkan pekerjaan butuh untuk peningkatan skill melalui pelatihan serta sarana olahraga bagi warga yang kurang mendukung.

"Tadi saya sampaikan bahwa beberapa permasalahan atau usulan yang disampaikan masyarakat, tidak mungkin bisa terealisasi dengan dana Pemerintah atau APBD, dikarenakan perumahan (bukan hanya perumnas) semuanya masih milik swasta/pengembang. Sehingga tidak tercatat sebagai aset pemerintah daerah," katanya.

Saat ini banyak pengembang yang ingin menyerahkan perumahannya ke pemerintah daerah sebagai aset daerah tapi terbentur masalah regulasi.

"Inilah yang kami sedang bahas saat ini di DPRD melalui perda penyediaan, penyerahan dan pengelolaan prasarana, sarana dan utilitas umum. Insya Allah semoga tahun ini bs diselesaikan, dan ditetapkan sehingga ada dasar bagi pemda untuk menerima beberapa perumahan yg memenuhi persyaratan sebagai aset," kata putra Wakil Bupati Bone, H Ambo Dalle.

"Makanya kami minta warga juga berkoordinasi dengan pihak pengembang, mengenai dokumen yang diperlukan, jika ingin diserahkan ke pemda nantinya," tambah Ade Ferry.

Ketika perumahan yang tadinya milik swasta sudah beralih menjadi aset daerah, maka beberapa program yang diusulkan tadi kata Ade Ferry, baru bisa direalisasikan.

"Tentunya juga harus dimasukkan dalam usulan perencanaan. Kemudian yang sifatnya dapat kami bantu secara pribadi, Insya Allah akan kami lakukan sesuai kemampuan kami juga," tambahnya.

*

  • Bagikan