Promosi Doktor Administrasi Publik, Ade Ferry Pertahankan Disertasi Collaborative Governance Dalam Pembentukan Peraturan Daerah

  • Bagikan

BONE, RADARBONE.FAJAR.CO.ID-Wakil Ketua Bapemperda DPRD Bone, Ade Ferry Afrisal SH MSc selangkah lagi meraih gelar doktor.

Berdasarkan undangan yang di ditandatangani Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, MSc, Wakil Ketua Bapemperda DPRD Bone itu, mengikuti ujian promosi doktor yang sementara berlangsung di Auditorium Prof A. Amiruddin, Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Selasa 13 Desember pagi ini.

Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Bone ini, akan memperoleh gelar doktor dalam bidang Administrasi Publik.

Adapun disertasi dari Anggota Komisi I DPRD Bone itu, yakni “Collaborative Governance Dalam Pembentukan Peraturan Daerah di Kabupaten Bone (Studi Kasus Pembentukan Peraturan Daerah Tentang Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima”.

Ade Ferry diyakini akan mudah melewati ujian promosi ini dan bisa mempertahankan disertasinya. Apalagi, selama ini, Ade Ferry dikenal sebagai sosok yang berperan penting dalam perumusan rancangan perda yang dibahas di DPRD Bone. Termasuk menelurkan ide-ide yang solutif.

Ade Ferry mengaku, sengaja mengangkat masalah tersebut dalam judul disertasinya. Bagi Ade, perumusan ranperda kedepan, harusnya memberikan andil terhadap perbaikan kebijakan yang lebih bersifat partisipatif.

“Saya berharap, melalui disertasi ini bisa berkontribusi terhadap perbaikan kualitas kebijakan nantinya yang lebih partisipatif dengan menempatkan peran masyarakat yang lebih berimbang,” pungkas putra Wakil Bupati Bone, H Ambo Dalle itu.

Hasil temuan dari disertasi ini, lanjut dia berupa rekomendasi model kolaborasi yang bisa diterapkan dalam pembentukan perda yang selama ini pengaturannya belum terlalu jelas sehingga terkesan hanya dilakukan sebatas memenuhi ketentuan aturan.

Diketahui, suami dari Vien Fadhillah Ilham ini, merupakan legislator muda kelahiran 1987. Ia berhasil mengikuti jejak kakaknya Dr. Ade Fariq Ashar, S.STP, MSi (Kepala Bappeda Bone) meraih gelar doktor di usia muda. Ade Ferry menyelesaikan S1 Hukum Tata Negara dan S2 Master of Science di Universitas Gajah Mada. Selanjutnya mengambil S3, program doktor administrasi publik di Unhas sejak 2017.

Ade Ferry, selain aktif di politik juga tercatat sebagai dosen ISIPOL di Universitas Bosowa sejak 2016 hingga sekarang. (*)

  • Bagikan