Evaluasi Penyuluh dan Honorer, Empat Poin Ini Jadi Penilaian Utama Kadis Asman

  • Bagikan

BONE, RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bone, menggelar assesment atau evaluasi bagi penyuluh pertanian dan honorer, Kamis 15 Desember 2022.

Assesment ini dibuka langsung Sekkab Bone, HA Islamuddin.

Evaluasi ini guna mendorong kinerja penyuluh pertanian di Bone. Termasuk memastikan kompetensi para penyuluh dalam menjalankan tugasnya mengedukasi para petani di Bone untuk mensukseskan segala program yang sudah dicanangkan Dinas TPHP Bone.

Kepala Dinas TPHP Bone, H Andi Asman Sulaiman menegaskan, ada empat komposisi nilai yang menjadi acuan baginya dalam mengevaluasi para penyuluh Dinas TPHP.

Pertama kata Kadis Asman, soal target kinerja. Mantan Kadis Ketahanan Pangan ini mengatakan, untuk memacu seluruh penyuluh agar kinerjanya tetap terjaga, maka harus aktif bekerja serta mencari tahu permasalahan para petani di Bone.

Menurut dia, penyuluh harus proaktif dan tidak boleh berpangku tangan, namun harus bekerja dan mencari masalah yang dihadapi para petani di lapangan.

"Penyuluh harus punya target. Ini yang tertinggi bobot penilaiannya. Kita ingin lihat bagaimana target kinerja para penyuluh yang ada di Bone. Apa sasaran prioritas mereka," katanya.

Kedua kata Andi Asman, disiplin kerja. "Ini juga penting. Keberhasilan sektor pertanian juga ditentukan oleh disiplin kerja para penyuluh kita," pungkasnya.

Kemudian ketiga, kerjasama tim dan terakhir, penilaian pimpinan. "Jadi ketika kita lihat penyuluh ini tidak kompeten, mohon maaf saya juga harus tegas. Saya tidak main-main ketika ini berbicara pertanian. Kita merupakan garda terdepan yang menopang perekonomian daerah," tukasnya.

  • Bagikan