Bupati Indah Hadiri Upacara Melasti Umat Hindu

  • Bagikan

LUWU UTARA, RADARBONE.FAJAR.CO.ID– Puluhan Ribu Ummat Hindu Dharma Se-Kabupaten Luwu Utara Berkumpul memadati Pantai Seta-Seta Poreang, Desa Poreang Kecamatan Tanalili, Minggu 19/02/2023.

Setelah terakhir menggelar upacara melasti pada tahun 2018 yang lalu, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani yang hadir pada kesempatan itu mengajak ummat hindu dharma untuk mengucap syukur atas pelaksanaan kegiatan ini, “Ucap Indah Mengawali sambutannya.

“Kita patut besyukur hari ini kita dapat berkumpul melaksakan Melasti karena Melasti terakhir yanh di laksanakan yaitu pada tahun 2018, meskipun telah direncanakan akan dilaksanakan di tahun 2020 namun apa daya pandemi covid mengharuskan kita melakukan pembatasan untuk berkumpul,”Pungkas Bupati Perempuan Pertama di sulsel ini.

Melasti sendiri merupakan ritual mensucikan diri bagi ummat hindu dharma sebelum melaksanakan hari raya nyepi, dan sebagai salah satu ritual keagaam pemerintah tentu mensupport.

Bersyukur sejak tahun 2016 ummat hindu dharma yang ada di kabupaten Luwu Utata tak perlu lagi keluar daerah untuk melaksanakan ritual ini. “Tak perlu khawatir pemerintah desa, kecamatan atau kabupaten menolak pelaksanaan kegiatan seperti ini, Pada dasarnya sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memfasilitasi apalagi ritual keagamaan yang akan dilakukan oleh warganya
Karena ini merupakan bentuk pertanggung jawaban sosial kemasyarakatan pemerintah
Apalagi manfaat dari kegiatan ini sendiri, bagi ummat hindu dharma sudah pasti secara keagamaan kwalitas iman semakin baik serta untuk lingkungan sekitar adanya pergerakan nilai transaksi ekonomi,”Bebernya

Terakhir Indah menyampaikan apresiasinya kepada panitia dan seluruh unsur yang terlibat dalam mesukseskan kegiatan melasti ini.

“Sama kita ketahui bahwa persiapannya tidak cukup lama namun dapat terselenggara dengan baik bahkan sangat meriah,dan atas nama pemerintah daerah kami sangat mengapresiasi,”cetusnya.

Semoga pelaksanaan cathur bratha penyepian dapat terlaksana dengan lancar. selamat hari raya nyepi dan tahun baru saka 1945, Semoga kebaikan selalu menyertai kita semua,”Tutupnya.

  • Bagikan