Lutra Terima Kucuran Hibah Program HALS Senilai Rp1,3 M, IDP: Masuk Program Unggulan BISA MAJU

  • Bagikan

LUWU UTARA, RADARBONE.FAJAR.CO.ID– Dengan total anggaran Rp. 1.374.000.000 Sebanyak 9 Desa dan 2 kelurahan yang tersebar di 6 kecamatan yang ada di kabupaten Luwu utara mendapatkan program hibah air limbah setempat (HALS) untuk tahun 2023, hal itu di sampaikan Bupati Luwu utara, Indah Putri Indriani saat membuka kegiatan sosialisasi HALS, Rabu 07/06/2023, bertempat di Aula kantor Bappelitbangda.

Indah menuturkan kehadiran program ini merupakan komitmen pemerintah daerah dalam upaya pemenuhan akses sanitasi layak dan aman.

“Selain upaya pemenuhan aksi askses sanitasi layak dan aman, sejak awal program ini memang masuk ke dalam misi ke empat program unggulan pemkab luwu utara tahun 2021-2026 yakni BISA Maju (Pemenuhan Infrastruktur Secara Berkelanjutan),”Bebernya.

Program ini merupakan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM), artinya pemberdayaan masyarakat menjadi yang utama di dalam pelaksanaannya, oleh sebab itu kehadiran pemerintah kecamatan dan desa pada sosialisasi hari ini di harapkan mampu mengoptimalkan partisipasi masyarakat,”Pintanya.

Bercermin dari beberapa kelemahan tahun-tahun sebelumnya, kami berharap
dengan pelibatan Pemerintah Desa secara aktif, pembangunan infrastruktur
sanitasi melalui Program Hibah ALS ini akan menghasilkan output dan
outcome yang lebih baik dan tepat sasaran, baik dari segi konstruksi maupun
pemanfaatannya.

“Kita sama sama tidak menginginkan bahwa kegiatan ini hanya menjadi tanggungjawab Fasilitator/TFL, KSM dan pemanfaat saja, Melainkan bahwa kegiatan ini merupakan tanggung jawab Pemerintah Daerah dan masyarakat secara keseluruhan, Untuk itu, dengan koordinasi terpadu dan berjenjang kita sama-sama berharap potensi permasalahan di lapangan dapat diminimalisir,”Terangnya.

Walaupun Pemerintah Kecamatan dan Desa tidak terlibat secara langsung dalam
konstruksi kegiatan ini, tetapi dengan kewenangan masing-masing, kita dapat
menstimulasi penerima manfaat untuk memaksimalkan sarana sanitasi yang
ada, baik ketika dalam proses pekerjaan maupun dalam pemanfatannya,”Tutupnya

  • Bagikan