BPP Bengo Percontohan Sistem Ratoon Ala Kadis TPHP Bone,Tanam Satu Kali, Panen Tujuh Kali

  • Bagikan

BENGO, RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Inovasi sistem pertanian terus digalakkan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bone dibawah kendali Kadis TPHP, HA Asman Sulaiman.

Tahun ini, Kadis TPHP Bone, mencanangkan sistem tanam ratoon. Bahkan, sudah dicanangkan BPP Kecamatan Bengo sebagai kawasan rujukan atau percontohan sistem tanam tersebut.

"Kita ingin contohkan tanam 1x panen 7x dalam setahun, artinya sistem ratoon di halaman BPP melalui benih varietas unggul," kata Andi Asman kepada RADARBONE.FAJAR.CO.ID, usai sidak di BPP Bengo Rabu 14 Juni 2023.

Andi Asman mengaku, di BPP Bengo sudah disiapkan lahan berjumlah 12 petak. Termasuk menekankan penggunaan pupuk organik.

"Saya ingin menjadikan BPP menjadi Kawasan rujukan. Jangan lebih hebat di luar daripada didalam kawasan," tekannya.

Saat sidak, Andi Asman juga memotivasi para penyuluh untuk mensukseskan program tersebut.

"Kita sudah bicarakan awal lebih lanjut soal teknisnya," tukasnya.

Adapun target produksi khusus di kawasan BPP lanjutnya, sebanyak 15 ton perhektar "Kemarin posisinya masih di 8 ton perhektar dan kita targetkan 15 ton perhektar khusus di kawasan BPP," tukasnya.

"Kita sangat optimis, target ini bisa dicapai. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para penyuluh yang tidak hentinya memberikan pendampingan kepada petani kita. Kesuksesan program pertanian di Bone tidak lepas juga dari kerja keras teman-teman penyuluh serta seluruh stakeholder pertanian," tutupnya.

*

  • Bagikan