Hidupkan Semangat Gotong Royong, Pagi-pagi Babinsa Koramil Dua Boccoe Bantu Warga Desa Solo Tebang Pohon

  • Bagikan

BONE, RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Waktu baru menunjukkan pukul 08.00 WITA, Kamis 03 Agustus 2023. Tiga Anggota TNI yang bertugas sebagai babinsa dari Koramil Dua Boccoe Kodim 1407/Bone sudah berada di Desa Solo Kecamatan Dua Boccoe.

Bersama warga, bahu-membahu menarik batang pohon yang ditebang untuk tambahan material bedah rumah tidak layak huni milik Kadir (70 Thun) yang merupakan bantuan Baznas Bone bekerjasama dengan Kodim 1407 Bone.

Proses bedah rumah milik warga kurang mampu ini sementara berjalan.

Babinsa masing-masing Serda Michael, Sertu Agustang dan Serka Jefri berbaur bersama masyarakat.

Babinsa Koramil Dua Boccoe, Serda Michael mengapresiasi semangat gotong royong Warga Desa Solo.

"Ini sejalan dengan semangat TNI yang berharap kegiatan karya bakti di desa terus dihidupkan. Kita juga berharap dengan kolaborasi bersama, rumah Kadir cepat rampung dibedah," katanya.

Serda Michael juga berterima kasih kepada Baznas Bone atas bantuan bedah rumah tersebut. Bantuan yang disalurkan bagi Serda Michael sangat bermanfaat bagi masyarakat kurang mampu.

"Terima kasih kepada Baznas Bone yang telah menyalurkan bantuan bedah rumah tepat sasaran kepada warga kurang mampu

Sebelumnya diawali pembongkaran rumah pada Jumat 28 Juli 2023. Dipimpin langsung Wakil Danramil 02 Dua Boccoe, Pelda Gomer Sastro bersama Babinsa. Turut hadir Sekcam Dua Boccoe, Sahid, Babinkamtibmas Dua Boccoe, Bripka Alimuddin, jajaran pemerintah desa dan puluhan warga hadir bahu membahu bersama TNI.

Tak cukup 1 jam, rumah milik Kadir berhasil dibongkar. Selanjutnya akan dibangun rumah layak huni untuk warga kurang mampu tersebut.

Pelda Gomer mengapresiasi antusias warga Desa Solo, gotong royong membedah rumah warga milik Kadir. Ia juga menyebutkan, akan menugaskan empat Babinsanya membantu warga membedah rumah milik Kadir.

"Sinergitas bersama warga sangat penting. Khususnya mewujudkan kemanunggalan TNI bersama warga," katanya.

Pelda Gomer berharap bantuan bedah rumah ini membawa manfaat besar untuk Kadir dan keluarga. Apalagi, sesuai arahan Danrem 141/Tp Brigjen TNI Budi Suharto, S.I.P, M.S.I melalui Komandan Kodim 1407/Bone Letkol Inf Moch Rizqi Hidayat Djohar memerintahkan seluruh Babinsa akan selalu hadir dan membantu dengan bersinergi bersama instansi terkait untuk memudahkan masyarakat.

Sebelumnya, disaksikan Babinsa Koramil Dua Boccoe, Serda Michael dan Bhabimkamtibmas Polsek Dua Boccoe, Bripka Alimuddin, Baznas Bone menyalurkan bantuan bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada warga Desa Solo Kecamatan Dua Boccoe, Kadir.

Penyerahan bantuan berupa dana tunai, berlangsung di ruang ketua Baznas Bone, H Zainal Abidin. Turut hadir Sekdes Solo, Besse Asia Warda.

Diketahui, Kadir sehari-hari hanya bekerja serabutan. Mengantarkan pesanan air galon isi ulang serta jasa antar jemput anak sekolah.

Sementara istrinya, Nusting hanya berjualan kue putu. Itupun penghasilannya tak seberapa.

Adapun bantuan yang diserahkan untuk tahap awal, sebesar Rp5 juta.

"Sengaja Mustahik (Penerima bantuan) kita panggil hadir, karena ada penandatanganan MoU sebagai syarat penyaluran bantuan bedah rumah ini. Saya harap bantuan yang disalurkan ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," kata Ketua Baznas.

Ia menyebutkan, sebelum mendapatkan bantuan bedah rumah layak huni ini, terlebih dahulu dilakukan supervisi survei atau pengecekan untuk kelayakan mendapatkan bantuan.

H Zainal juga berharap peran aktif masyarakat membantu proses pengerjaan rumah Kadir.

"Kami harapkan dengan semangat gotong royong masyarakat Desa Solo, proses pengerjaan bedah rumah ini bisa segera rampung," ucapnya.

Adapun dana yang diberikan untuk pengerjaan bedah rumah milik pasangan Kadir dan Nusting, bersumber dari dana Zakat, Infak dan Sadaqah dari para Muzakki dan Munfiq yang telah menyetorkan melalui BAZNAS yakni kewajiban Baznas sebagai lembaga amil untuk menyalurkan sesuai aturan dan petunjuk Alquran.

*

  • Bagikan