Bupati IDP Kampanyekan Gerakan Masyarakat Gemar Makan Ikan

  • Bagikan

LUWU UTARA, RADARBONE.FAJAR.CO.ID -- Ketahanan pangan dan gizi masih menjadi isu penting disamping ketahanan ekonomi, energi dan lain sebagainya. Hal tersebut disampaikan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat membuka Lomba masak ragam olahan ikan tingkat DWP Unit.

Menurut Indah, sebagai institusi pemerintah, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan terlibat aktif menangani masalah pangan yang bersumber dari produk-produk kelautan dan perikanan serta mendukung terwujudnya ketahanan pangan nasional melalui bahan pangan yang berasal dari ikan.

Dalam rangka merealisasikan terwujudnya ketahanan pangan dan gizi tersebut, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu Utara mengupayakan peningkatan konsumsi ikan masyarakat dengan menginisiasi Lomba Masak Ragam Olahan Ikan Tingkat DWP Unit.

" Segala upaya untuk mewujudkan hidangan ikan yang cukup, aman, bermutu, bergizi dan beragam menjadi prioritas untuk terus diupayakan " jelas Indah.

Bupati perempuan pertama di Sulsel itu menambahkan, dalam rangka meningkatkan gizi masyarakat indonesia, minat mengkonsumsi ikan perlu terus di tingkatkan.

Salah satu faktor yang diharapkan yang mampu mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi ikan adalah karena semakin meningkatnya harga sumber protein lain dibanding ikan, selain berpengaruh terhadap peningkatan kualitas SDM Indonesia secara langsung juga akan meningkatkan pemanfaatan potensi ekonomi pasar dalam negeri serta peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya para nelayan, pembudidaya dan pengolah hasil perikanan.

" Melihat tingginya jumlah penduduk dan besarnya potensi perikanan di Indonesia seharusnya menyebabkan tingginya tingkat konsumsi ikan masyarakat indonesia, melalui upaya-upaya yang dilakukan, diharapkan mampu mendorong segenap lapisan masyarakat indonesia untuk sadar akan pentingnya mengkonsumsi ikan sehingga makan ikan menjadi budaya bangsa" jelas ibu dua anak itu.

" Gerakan nasional seperti Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang berkesinambungan sangat di perlukan dan salah satu implementasi kegiatannya adalah Lomba Masak Ragam Olahan Ikan" sambung istri Anggota DPR RI Muhammad Fauzi itu.

Melalui kegiatan ini akan diperoleh variasi menu serba ikan yang lebih beragam, inovatif, sebagai sajian menu keluarga sehari-hari demikian pula dengan restoran, hotel dan catering akan terinspirasi untuk menyediakan menu masakan serba ikan.

" Dan melalui gemarikan ini diharapkan mampu terwujud generasi yang sehat, kuat dan cerdas serta masyarakat yang sejahtera " tutup politisi partai Golkar itu. (*)

  • Bagikan