Bentengi Warga dari Pencemaran Lingkungan, AAP Bareng AHER Salurkan Bantuan IPAL di 10 Titik

  • Bagikan

RADARBONE.FAJAR.CO.ID--Sosialisasi pencegahan dan penanggulangan tindak pidana Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) digelar di salah satu hotel di Bone, Minggu 27 Agustus 2023.

Kegiatan ini diprakarsai Anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin (AAP) bareng Andi Haeril Adfa (AHER) bersama balai Gakum kementerian LHK wilayah Sulsel.

Andi Akmal mengatakan, isu lingkungan dan kehutanan merupakan isu yang sangat penting dan menyangkut masalah eksistensi manusia.

Politisi PKS itu mengatakan, selama ini masyarakat menganggap enteng masalah lingkungan hidup dan kehutanan. Apalagi polusi yang menjadi masalah klasik. Ia menegaskan, banyak daerah yang tingkat polusinya tinggi dan menghambat investasi masuk.

Olehnya itu, untuk membentengi masyarakat Bone dari pencemaran lingkungan, AAP bareng AHER menyalurkan bantuan IPAL yang menyasar 10 titik di Bone.

"Kita salurkan bantuan IPAL di 10 titik yang kita anggap usaha atau pabrik tersebut bisa membawa dampak lingkungan bagi masyarakat," ucapnya.

Hal lain yang patut menjadi perhatian lanjutnya, adalah soal pembalakan liar hutan.

"Kemudian juga alih fungsi hutan ini terjadi luar biasa makanya ada yang namanya sekarang dirjen pengamanan dan penegakan hukum Kementerian LHK. Saya minta kemarin Pak dirjen tolong pabrik-pabrik Jakarta itu karena ada hubungannya lingkungan hidup ditutup aja itu yang sudah melebihi ambang emisinya. Kalau tidak, kita terus menghirup apa namanya menghirup udara kotor. Nah ini menyebabkan kita kena penyakit ya kan," tukasnya.

Olehnya itu lanjut AAP pentingnya peran aktif pengamanan dan penegakan hukum Kementerian LHK. "Jadi Gakum ini sama fungsinya dengan polisi dan jaksa. Bisa menangkap, menyidik," tukasnya.

  • Bagikan