Jumlah Peserta Jalan Gembira Anies di Makassar Diklaim 1 Juta, Pengamat: sangat Berlebihan

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARBONE.FAJAR.CO.ID - Bakal capres dan cawapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengikuti gelar jalan Gembira di kota Makassar, hari ini, Minggu (24/9/2023) yang dipusatkan di jalan Jenderal Sudirman, depan lapangan Hasanuddin Makassar.

Menurut Kasi Humas Polrestabes Makassar AKP Wahiduddin dari informasi di lapangan diperkiraan peserta berjumlah sekitar 50 ribu orang.

“Itu sesuai dengan apa yang dilaporkan pihak panitia saat melakukan audiensi dengan Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib”, katanya.

“Ini memang disebutkan waktu pihak panitia audiensi dengan Kapolrestabes pada pekan lalu itu peserta diperkirakan sekitar itu. Kurang lebih 50 ribu," lanjut Wahiduddin.

Namun beberapa media memberitakan bila jumlah peserta jalan Gembira membludak hingga mencapai 1 juta orang.

Menanggapi hal itu, pengamat politik Ashari Rauf mengatakan klaim peserta 1 juta itu hal yang wajar dihembuskan oleh para panitia dalam upaya meraih simpati publik di tahun politik sekarang ini.

“Ya klaim itu wajar saja, tidak ada yang melarang. Namun bila dinalar oleh akal sehat ya memang terkesan berlebihan. Bombastis kata orang”, ujarnya saat dihubungi, Minggu (24/9/2023)

Jumlah peserta 1 juta itu tidak sedikit, hampir semua penduduk makassar turun lanjutnya, hal ini tidak mungkin, namun dari berbagai video dan foto yang dia terima, ia yakin jumlahnya kurang lebih sepeti yang dibeberkan kepolisian.

“Memang ini masanya, perang klaim melalui media. Namun memang masyarakat perlu diedukasi terkait literasi media agar tidak menerima mentah setiap pemberitaan apalagi itu sifatnya klaim soal jumlah”, pungkasnya.

Dari pantauan awak media di lapangan, peserta jalan Gembira Anies-Cak Imin memang diperkirakan puluhan ribu. Peserta bergerak sepanjang 3 kilometer, namun terputus-putus.

Jika dibandingkan dengan jalan sehat Anti Mager yang dihadiri Bacapres Prabowo pada Minggu 6 Agustus 2023 lalu, peserta tumpah ruah merayap sepanjang 5 kilometer tanpa terputus. Itu pun panitia dan kepolisian menyatakan jumlah peserta 500 ribu orang. (*)

  • Bagikan