Indah Harap Rongkong jadi Daerah Penghasil Cabai

  • Bagikan

LUWU UTARA, RADARBONE.FAJAR.CO.ID- 11 Kelompok Tani di Desa Komba dan Kanandede Kecamatan Rongkong menerima bantuan bibit cabai.

Bantuan tersebut diserahkan langsung Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Minggu 24 September 2023.

"Saya berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik karena memang kita harapkan Rongkong menjadi salah satu sentra/ daerah penghasil cabai karena suhunya mendukung," kata Indah.

"Teman-teman BPP dan penyuluh mohon untuk betul-betul didampingi petani kita. Sebab pemanfaatan lahan saya lihat sudah cukup massif tapi harus tetap memperhatikan kondisi lahan karena terkait dengan mitigasi bencana mengingat Rongkong menjadi salah satu daerah di Sulsel dengan potensi pergerakan tanah sangat tinggi," sambung orang nomor satu di Luwu Utara ini.

Diketahui bantuan cabai tersebut merupakan bantuan pengembangan Kampung Hortikultura dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia.  

Bantuan pengembangan Kampung Hortikultura Cabai ini diberikan dalam bentuk sarana produksi (saprodi), berupa benih cabai rawit sebanyak 200 sachet varietas Genie dari Bintang Asia, mulsa plastik 160 rol, asam humat 140 liter, serta pupuk NPK 4.400 kg.

“Secara spesifik pengembangan hortikultura ini memang diarahkan pada pengembangan kawasan Kampung Hortikultura, sehingga nantinya dapat dibangun sebuah Kawasan Hortikultura Skala Ekonomi,” terang Indah.

Ia menyebutkan, Kampung Hortikultura dibangun dalam satu wilayah administratif desa dengan luas 5-10 ha, tergantung komoditas yang dikembangkan pada kampung tersebut.

"Kampung Horti ini mengusung konsep One Village One Variety dan komoditas unggulan yang dipilih harus berdasarkan permintaan pasar untuk menjamin pemasaran hasilnya,” jelas isteri dari Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi ini.

Sebelumnya, di tempat yang sama, Indah meresmikan "Lorong Indah" yang telah selesai dibangun melalui BPBD Luwu Utara berupa penanganan bencana tanah longsor yang terjadi beberapa waktu lalu.(Rn)

  • Bagikan